Konversi format gambar termudah

Sudah beberapa kali teman -teman saya menanyakan bagaimana cara mengkonversi format gambar – misal dari PNG ke JPG, GIF ke PNG, TIFF ke JPG, dan masih banyak lagi kombinasinya – dan menggunakan software apa yang paling mudah. Nah… tampaknya tidak ada yang terpikir bahwa Windows sudah menyediakan software untuk melakukan itu walaupun fungsi utamanya adalah untuk menggambar atau editing (sangat) sederhana.

Ya, jangan anda lupakan Microsoft Paint karena sebenarnya program ini selain mampu mengedit gambar juga melakukan proses konversi formatnya juga dengan mudah. Caranya cukuplah mudah, langsung saja buka gambar yang ingin diubah formatnya dengan Paint.
microsoft-paint-save-as

Setelah itu langsung saja buka menu dan pilih Save As, akan ada pilihan menyimpan gambar yang terbuka menjadi format lain seperti: PNG, JPG, BMP, GIF, dan format lainnya.

Sungguh cara yang termudah bukan? Kita tidak memerlukan software lain untuk melakukan proses konversi sederhana ini karena Microsoft Paint sudah tersedia di semua versi Windows. Tapi anda masih bisa melakukan optimalisasi gambar menggunakan Caesium misalnya supaya ukurannya lebih kecil tapi kualitasnya setara.

Tulis komentar...