Konversi video menjadi WEBM

Mungkin video jenis WEBM jarang anda dengar, padahal format video ini juga dipakai oleh YouTube. Keunggulannya dibanding MP4 misalnya adalah ukurannya yang bisa lebih kecil lagi dengan kualitas yang setara asalkan parameternya sesuai. Malah di beberapa website seperti reddit dan 4Chan dipakai sebagai pengganti gambar animasi GIF karena lebih optimal.

Akan tetapi untuk saya pribadi karena kebetulan ada proyek, dan diminta agar memasangkan video (yang asalnya MP4) pada company profile, juga tanpa audionya. Sekilas jadi ingat boomerang di Instagram, mirip saja.

Ya otomatis saya mencari solusi mudahnya dong dan gratis tentunya, karena di Google sendiri hasil pencariannya kok kurang bagus. Jadi langsung saja ke inti tutorialnya:

  1. Download WebMConverter: https://gitgud.io/nixx/WebMConverter
  2. Unduh AviSynth juga: https://sourceforge.net/projects/avisynth2/
  3. Ekstrak/install kedua file diatas.
  4. Jalankan WebMConverter.Exe
  5. Isikan saja file video inputnya, dan Convert!

Setting aplikasi secara default sudahlah cukup bagus, tapi bisa dimaksimalkan lagi kemampuannya. Atau mungkin malah ingin menghapus suaranya? Ini adalah salah satu opsi yang tersedia. Saran saya aktifkan two pass encoding dan variable bitrate.

Oh ya, file yang saya pakai asalnya 11 MB dikonversi jadi 6MB. Cukup memuaskan. 🙂

Sekian dan semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Konversi video menjadi WEBM”

  1. Salam,
    Terima kasih sharingnya. Dari pengalaman punya beberapa file webm dari youtube, ketika diputar di komputer tidak masalah, Cuma yang jadi problem ketika diputar di media player untuk TV yang belum ada OSnya android. karena file tidak dikenali, akhirnya saya konvert jadi file mp4, dan ukuran jadi bengkak tentunya.

Tulis komentar...