Kupon diskon JD.id yang hilang

Cerita kali berhubungan dengan kupon diskon 19 ribu jd.id yang didapat dari refund golden ticket yang gagal mendapatkan hadiah utamanya. Fokusnya lebih ke capeknya saya berkomunikasi dengan customer service JD.id daripada nasib komplain saya. Sudah diikhlaskan soalnya. Singkat cerita bahwa 3 dari 4 kupon yang diberikan tiba2 lenyap, yang 1 bukan selamat tapi kebetulan sudah saya pakai. padahal masa berlakunya waktu itu masih lama sekitar 2 mingguan (15 Feb).

Akhirnya saya tanyakan lewat livechat cs jd.id, masih ingat sekali saya betapa jengkelnya diskusi sama mbaknya. di awal sudah saya sertakan nomor order transaksi golden ticket, kemudian screenshot kupon yang sempat saya dapatkan, dan kronologi yang sudah saya tuliskan garis besarnya seperti di awal cerita.

Pertama si cs meminta saya mengecek s&k kuponnya, tampaknya dengan asumsi kalau sudah kadaluarsa atau semacamnya, kemudian dilanjutkan dengan cs menanyakan nomor order berulang kali, padahal sudah tidak relevan lagi. sudah agak jengkel saya disini.

Kedua, si cs malah mengirimkan gambar syarat dan ketentuan soal refund golden ticket jd.id… dan kemudian diminta mengecek halaman kupon untuk pemakaiannya… berasa lawan robot.

Langsung saya tegaskan supaya si cs memahami keluhan saya, sudah saya jelaskan dari awal permasalahannya apa. Dan dari sikap dan chat cs ke saya, malah seperti menganggap customer itu seperti orang bodoh yang tanya-tanya cara pakai kupon. Asli sudah illfeel banget saya waktu komplainnya.

Dan… solusinya yang diberikan adalah diminta logout dari aplikasi dan kemudian cek akun di versi webnya. Akhirnya saya tegaskan ke cs, minta solusi secara aktif yang jelas. Jangan semua dilimpahkan ke customer dengan asumsi yang salah.

Disini si cs mengatakan akan diteruskan ke bagian terkait, tentu saya ga mau pasif menunggu, dan minta nomor kasusnya biar bisa difollowup. Saya juga ragu kalau ini benar diproses atau cuma menenangkan saja.

Yang terjadi? pertanyaan saya tidak digubris… ga lama chat terputus.

Akhirnya saya coba menunggu, dan sampai 5 hari tetap kupon saya lenyap, kemudian coba kirim komplain via email saja. dan… dibalas ini sorenya:

Yth. Pelanggan JD.id,

Terima kasih telah menghubungi kami.

Mohon maaf terkait keterlambatan pengiriman akibat lonjakan pesanan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 menjelang akhir tahun. Kami telah menerima keluhan yang Anda informasikan melalui email cs@jd.id. Saat ini, kami sedang memaksimalkan pelayanan untuk memastikan keluhan Anda dapat kami tindaklanjuti secepatnya.

Terima kasih atas kritik dan saran yang Anda sampaikan. Kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan berkomitmen untuk menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih telah memercayakan pengalaman belanja online Anda bersama JD.id.

Hormat Kami,

Customer Service JD.ID

WTF… Saya komplainnya februari, dijawab malah ga nyambung dengan permasalahan kiriman desember tahun lalu.

Ya langsung saya balas bahwa tidak ada hubungannya, dan mohon memahami isi keluhan saya dulu baru dibalas. Tidak pernah direspon setelahnya.

Tapi, kupon saya tiba2 kembali sekitar tanggal 10an. Segera saya pakai karena kapok berurusan dengan sistem dan cs jd.id. Jadi case solved, tapi bikin kecewa saja kualitas csnya.

BTW ada yang tahu cara lihat riwayat chat ke livechat cs JD.id? Entah saya yang gaptek, lokasinya agak tersembunyi atau memang langsung dibersihkan setelah selesai.

Tulis komentar...