Layar Mi Band redup

Sudah lama saya menggunakan Xiaomi Mi Band, sejak gelang pertama (Pulse) dan sampai yang terbaru (Mi Band 3). Fitness tracker pertama milik Xiaomi yang memiliki layar adalah Mi Band 2, dan terus terang malah yang rutin saya pakai sampai sekarang. Tapi ada satu hal yang tidak awet pada perangkatnya walaupun fitur – fiturnya berfungsi normal.

Yakni layar yang dipakai Mi Band 2 dan 3 itu secara perlahan tapi pasti akan redup dan bisa sampai sangat samar baru bisa dibaca yang tampil. Kurang lebih dari pengalaman dengan pemakaian biasa, dalam 6 bulan – 1 tahun akan terlihat sekali perbedaan kecerahan layarnya.

Kenapa ini bisa terjadi? Sederhana jawabannya setelah saya cari tahu penyebabnya, ini karena jenis layar OLED (Organic Light Emitting Diode) yang memang memiliki usia hidup, dan perlahan tapi pasti akan tidak berfungsi lagi displaynya.

Apa solusinya? Sayang sekali tidak ada cara memperbaikinya atau membuatnya kembali terang. Jadi ya cuma bisa beli baru saja.

Tapi, ada satu cara memperlambat degradasi kecerahan layar Mi Band. Yakni jangan sering – sering aktif, karena setiap hidup OLEDnya akan terkikis pula masa pakainya. Jadi mengatasinya tinggal mematikan otomatis hidupnya, hilangkan bagian – bagian fitur yang tidak perlu ditampilkan, saya sendiri cuma menampilkan jam saja dan manual ditap untuk melihatnya.

Yang saya penasaran sekarang apakah fitness tracker/smartwatch yang lebih mahal apakah mengalami nasib yang sama. Misal Amazfit Cor.

2 pemikiran pada “Layar Mi Band redup”

Tulis komentar...