Lindungi WhatsApp dengan Sidik Jari!

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa update terbaru WhatsApp membawa fitur privasi dan keamanan terbaru, yakni sidik jari untuk mengakses aplikasinya. Kalau dulu kita mungkin memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membatasi yang bisa membuka WA, maka sekarang sudah terintegrasi dan tinggal pakai saja.

Nanti sistem kerja fingerprint di WA seperti ini. Setiap usaha mengakses aplikasinya, baik dari shortcut atau notifikasi (bisa disetting pesan disembuyikan), akan langsung muncul lockscreen yang hanya bisa diunlock menggunakan sidik jari seperti biasanya. Prosesnya sangat-sangat cepat kok.

Cara mengaktifkan Fingerprint Lock di WhatsApp

  1. Langsung saja akses Settings/Pengaturan di kanan atas aplikasi.
  2. Kemudian ketuk Accounts/Akun.
  3. Akses menu Privacy/Privasi.
  4. Dan di bagian paling bawah anda akan menemukan Fingerprint lock/Kunci sidikjari.
  5. Tinggal aktifkan saja, dan pilih berapa lama jeda waktu nganggurnya baru otomatis terkunci. Opsinya Segera, 1 menit, dan 30 menit.
  6. Juga setelan yang berhubungan adalah apakah isi pesan WhatsApp ingin ditampilkan dalam notifikasi. Kalau sifatnya pribadi/rahasia saran saya aktifkan juga.

Agak heran juga ke pengembang WhatsApp kok tidak dikenalkan fitur penting ini langsung di dalam aplikasinya, kalau tidak mengikuti berita terbaru atau changelog versinya bisa jadi malah terlewatkan atau lama baru sadar kalau ada fingerprint.

Semoga kedepannya ada opsi pakai pola atau PIN sebagai alternatif, walau kurang aman dibandingkan sidik jari tapi bisa jadi metode backup apabila sensor fingerprint di hp ada masalah. Kalo ga ya terpaksa install ulang.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Lindungi WhatsApp dengan Sidik Jari!”

Tulis komentar...