Lynx : Browser web khusus teks

Bagi anda yang tidak menyukai situs yang berisi dengan tampilan indah, javascript, gambar, musik atau video dengan alasan seperti menghemat kuota bandwidth internet anda atau terlalu memberatkan kinerja browser yang biasa dipakai maka ada satu software yang bisa menjadi solusi. Apalagi kalau anda hanya ingin membaca tulisan tanpa diganggu elemen – elemen media yang tidak ada hubungan dengan konten yang dibaca.

Lynx merupakan salah satu solusinya, browser ini hanya akan menampilkan teks dan tidak ada elemen lain yang akan muncul dalam jendela browsingnya. Lynx tersedia untuk sistem operasi Linux (defaultnya) dan Windows. Disini saya menggunakan Lynx Browser untuk Windows.
lynx-browser

Tampilan Lynx sendiri menggunakan command prompt atau setidaknya diadaptasikan, jadi saya yakin banyak yang kurang nyaman tapi kalau sudah sering browsing situs menggunakan Lynx malah akan terasa kelebihannya yaitu lebih cepat karena cuma loading teks tanpa perlu yang lainnya.

Cara menggunakan Lynx sendiri butuh pembiasaan karena semua navigasinya menggunakan keyboard, untuk menggeser halaman atau memilih elemen tertentu pada halaman website anda bisa menggunakan arah panah. Untuk membuka alamat situs anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol G dan isikan URLnya kemudian tekan ENTER.
lynx-browser-url-to-open

Perhatikan juga petunjuk penggunaannya di tulisan yang terdapat di akhir program, tekan M untuk kembali ke layar utama, O untuk ke options dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan Lynx untuk memastikan bahwa website tersebut bisa digunakan oleh orang yang memiliki kekurangan dalam indera penglihat (buta) yang biasa menggunakan program teks ke suara untuk mengakses situs untuk mengetahui bahwa semuanya bisa digunakan dan dipahami dengan mudah oleh orang yang memiliki keterbatasan indera.

2 pemikiran pada “Lynx : Browser web khusus teks”

    • Halo mas Orang Sederhana, cara installnya sama saja kok. Jalankan saja installernya Lynx nanti otomatis dibuat di Program Files. Memang tampilan halaman download Lynx Browser untuk Windows tidak bisa dianggap ramah, jadi silahkan download langsung melalui link berikut: Lynx Browser installer Windows.

Tulis komentar...