MACAddressView: Mendapatkan detail informasi dari alamat MAC

MAC (Media Access Control) Address adalah alamat unik yang ada pada setiap perangkat jaringan, alamat ini berisi informasi mengenai apa nama perusahaan atau pabrik pembuatnya. Karena setiap hardware network terdapat MAC Address dan sifatnya adalah unik tidak ada duplikatnya maka sering kali digunakan dalam proses firewall atau filter akses jaringan.

Kalau anda ingin mengetahui informasi mengenai apa MAC Address komputer atau perangkat jaringan yang terpasang maka anda bisa menggunakan MACAddressView, dan sekaligus mendapatkan data siapa pembuatnya, siapa tahu anda ingin mengecek apakah merek yang anda beli adalah asli.

Saat pertama kali dijalankan anda akan diminta memasukkan MAC Address, dan bila yang ingin dicek adalah yang terpasang di komputer tersebut maka klik saja My MAC Addresses, kemudian tekan tombol OK.
macaddressview-find-mac-address-records

Selanjutnya akan muncul langsung informasi mengenai MAC Address yang dimasukkan sebelumnya.

macaddressview

Anda bisa mendapatkan nama pembuatnya, alamat perusahaan, dan negara asalnya. Informasi seperti ini kadang dibutuhkan dalam proses inventarisasi hardware yang ada dan sekaligus menjadi dokumentasi, mencegah hilangnya perangkat dan tidak ada yang asal pasang tujuannya.

Tulis komentar...