Yuk mainkan game Amiga dalam browsermu!

Di Indonesia sekitar awal tahun 1990an mungkin lebih terkenal NES (Nintendo Entertainment System), Sega MegaDrive dan mungkin SNES. Tapi rasanya jarang yang tahu soal game console Amiga yang lebih klasik lagi. Kalau anda suka game – game retro dan ingin mengisi waktu sambil browsing – browsing maka bisa mencoba bermain dalam browser anda. Tidak perlu install apa – apa, tinggal pilih dan main saja. 🙂

Bagaimana caranya? Tinggal anda akses proyek arsip game Amiga milik The Internet Archive disini: https://archive.org/details/softwarelibrary_amiga dan 10 ribu judul game lebih akan muncul dalam katalognya. Tinggal geser saja halamannya atau gunakan fitur pencarian.

Internet Archive Amiga Bubble Bobble

Untuk memainkannya ya tinggal klik saja profil gamenya dalam daftar yang muncul. Saya contohkan main game Bubble Bobble yang mestinya ada pernah main kalau besar di tahun 90an. 🙂 Cocok buat duel dengan teman waktu itu karena bersaing tapi damai, dibuat kompetisi juga bisa.

Kekurangannya sih kadang agak lama loadingnya dan tidak muncul pesan apapun, jadi harap sabar menunggu sampai muncul menu utama gamenya. Dan juga tidak diberi tahu pakai perangkat apa mainnya apalagi tombolnya. Bisa saja pakai mouse atau tombol keyboard. Semoga ada perbaikan kedepannya.

Jadi kalau anda ada minat atau sekedar ingin tahu Amiga maka bisa memainkannya dalam browser tanpa perlu emulator. Tinggal pakai saja kita. Oh ya, saya tes dari Google Chrome Android memang terbuka tapi rasanya ngelag banget saat dimainkan. Mungkin kurang bagus performa CPUnya.

Tulis komentar...