Matikan Hardware Acceleration untuk mempercepat loading Mozilla Firefox

Ini agak sedikit aneh sebenarnya fitur akselerasi menggunakan hardware (Hardware Acceleration) ternyata malah membuat waktu tunggu loading Mozilla Firefox lebih lama. Hardware Acceleration sebenarnya memanfaatkan GPU untuk membantu me-render halaman website dan meningkatkan performa Mozilla Firefox secara keseluruhan.

Secara default Mozilla Firefox akan mengaktifkan hardware acceleration dan ini menjadi masalah bagi beberapa pengguna browser rubah api ini. Kalau Firefox membutuhkan waktu yang cukup lama (5-15 detik) untuk dibuka pertama kali, kemungkinan besar ini adalah penyebabnya. Saya sendiri tidak sengaja mencobanya dan kaget karena proses loading Mozilla Firefox dan membuka website menjadi lebih cepat setelah mematikan hardware acceleration.

Bagaimana cara menonaktifkan Hardware Acceleration di Mozilla Firefox? Bukalah Options dari browser Firefox.

mozilla-firefox-menu-add-ons

Pada jendela Options pindahkan tab aktif ke Advanced, perhatikan pada tab General.

mozilla-firefox-options-advanced

Hilangkan centang pada Use hardware acceleration when available, klik OK untuk menerapkan perubahan. Selanjutnya restart Mozilla Firefox dan rasakan perbedaan performa dari sebelumnya yang tentu lebih baik.

Kalau ingin memperingan Mozilla Firefox lebih jauh lagi hapuslah theme, addon dan plugin yang tidak dibutuhkan. Jangan lupa setting halaman tab baru Firefox ke about:blank supaya tidak memuat apa – apa setiap kali membuka halaman baru.

Tulis komentar...