Melacak kiriman Standard Express

Salah satu ekspedisi alternatif yang digunakan Shopee selain LWE adalah Standard Express. Banyak yang salah paham antara keduanya karena format resinya mirip sekali, bedanya LWE angka semua dan Standard Express itu ada hurufnya.

Karena ini barang pesanan dari luar negeri (umumnya dari Shen Zhen, Cina) maka sangat wajar kalau kita ingin melacak bagaimana status kirimannya, luar kota saja sudah was – was apalagi beda negara kan. 😀

Disinilah letak masalahnya. Kenapa? Karena dari share sesama customer Shopee, ternyata saat ini hanya bisa dicek resinya pada aplikasinya saja. Jadi ya hanya dari Shopee kita akan tahu nasib terbarunya. Ini kurang tepat sebenarnya, ada resi SE yang bisa dicek di LWE, tapi hilangkan dulu semua hurufnya. Ingat ya, kata kuncinya ada bukan pasti, kadang ada yang tidak bisa.

Saya ingin menjelaskan dan membantu mendapatkan informasi lebih jelas apabila barangnya (menurut tracking Shopee) sudah di Indonesia. Jadi kalau ada tulisan Custom dalam statusnya, dan bukan di Cina maka besar kemungkinan sudah di Jakarta.

Berbekal nomor resi SE tadi, silahkan buka link ini: http://www.beacukai.go.id/barangkiriman.html dan pilih GLOBAL TRADE LOGISTICS NETWORK, kemudian Submit. Maka kabar pemeriksaan bea cukai dari barang tersebut akan muncul.

Setelah itu? Ya menunggu. Biasanya kalau sudah diproses begini tidak lama status pesanan di Shopee akan ditambahkan resi JNE. Dalam beberapa hari, jadi tidak instan juga. Atau kalau cemas, kontak customer servicenya dan tanyakan saja apakah sudah ada resi JNEnya.

Saya ingatkan juga, situs ini bukan Standard Express yang digunakan Shopee: http://www.standardex.com/ jadi banyak yang komplain karena sudah disuruh mendaftar tapi resi tidak dikenali.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Comments (109)

  1. aseplukman September 24, 2017
  2. Hannychus September 25, 2017

Leave a Reply