Melihat daftar proses yang sedang berjalan melalui command prompt di Windows

Mengetahui apa saja proses yang sedang berjalan memang bisa menggunakan task manager tapi kalau ada masalah sehingga program ini dimatikan atau rusak, dan ini cukup sering terjadi kalau komputer sedang terinfeksi virus. Untuk mengenali virus atau malwarenya kadang kita perlu mengetahui apa nama prosesnya dan command prompt bisa menjadi solusinya.

Anda perlu memanggil command prompt dan kemudian ketikkan perintah tasklist kemudian tekan ENTER. Sebelumnya pastikan anda menjalankan command prompt dengan hak Administrator.

command-prompt-tasklist

Akan muncul daftar seluruh proses dan service di Windows yang sedang aktif saat itu juga. Anda bisa menentukan manakah nama proses yang mencurigakan untuk dimatikan secara manual atau mencari tahu apa fungsinya di Google.

Saya sendiri sering menggunakan tasklist untuk mendeteksi apa virusnya kalau komputer tersebut harus diperbaiki dan tidak boleh diinstall ulang oleh pemiliknya, biasanya karena ada data penting dan file atau folder tersebut dienkripsi dengan EFS. Ini membuat kita harus berusaha mengembalikan kondisinya ke semula, karena file yang dienkripsi kalau dipindahkan tanpa sertifikat EFSnya tidak akan bisa terbuka kembali. Kalau tidak ada yang penting sih lebih baik diinstall ulang Windowsnya, jauh lebih cepat dan tidak repot.

Satu pemikiran pada “Melihat daftar proses yang sedang berjalan melalui command prompt di Windows”

Tulis komentar...