Melihat informasi Blue Screen of Death dengan BlueScreenView

Munculnya layar biru yang menandakan adanya kerusakan terhadap Windows bisa menjadi mimpi buruk, kadang kemunculannya hanya sekali saja dan selanjutnya komputer anda dapat digunakan seperti biasanya, atau Blue Screen of Death (BSOD) ini terjadi setiap saat.

Langkah pertama bila mengalami blue screen ini adalah memastikan apa yang sedang atau akan dilakukan sebelum keluarnya pesan error ini. Blue screen ini identik dengan adanya konflik pada hardware, hal ini menandakan adanya kerusakan pada hardware yang terpasang merupakan yang paling buruk, atau bisa jadi adanya masalah dengan driver hardware anda adalah yang paling baik.
blue-screen-of-death-ati2dvag-dll

Anda bisa saja mencatat kode error yang muncul di layar biru ini bila sempat, kadang Windows akan otomatis restart saat menemui masalah. BlueScreenView adalah program penyelamat anda, aplikasi ini memiliki kemampuan membaca file dump dari error Windows dan menampilkan informasinya secara jelas dan rapi. Sejarah crashnya sistem operasi Windows anda akan muncul disini, bila anda pilih salah satunya akan muncul detail dari blue screen dibagian bawah.
bluescreenview

Daftar driver yang aktif saat crashnya komputer, nama produk, versi program dan secara spesifik penyebab blue screen bisa didapatkan dengan mudah. Sekarang anda tahu penyebabnya, selanjutnya adalah mencari solusinya. Cukup klik kanan pada salah satu entry bluescreen dan pilih “Google Search – Bug Check+Driver” untuk melakukan pencarian perbaikan di Google tanpa perlu mengetikkan apapun sama sekali.
bluescreenview-google-search
Anda dapat melihat hasil pencarian yang disesuaikan secara spesifik dengan pesan error blue screen yang anda dapatkan beserta driver yang menjadi penyebab.

google-search-bug-check-driver

Sehingga tingkat keberhasilan solusi untuk masalah yang anda dapatkan cukup tinggi dengan kemudahan yang diberikan BlueScreenView dan lengkapnya parameter pencarian solusi masalah yang dibuat berdasarkan masalah yang didapati.

2 pemikiran pada “Melihat informasi Blue Screen of Death dengan BlueScreenView”

Tulis komentar...