Melihat proses program yang aktif dengan Process Explorer

Task Manager akan memberikan informasi program mana yang sedang berjalan dan fungsi yang dimiliki sangatlah sederhana. Tapi kalau anda bisa menggunakan yang lebih baik, kenapa tidak?

Entah kenapa Microsoft tidak mengikutkan secara default tool terbaik dalam manajemen proses program di Windows. Tool ini bernama Process Explorer. Software ini akan menampilkan daftar proses program dan services yang aktif di Windows yang lebih informatif dengan kode warna kalau dibanding menggunakan Task Manager.

process-explorer

Melihat informasi sistem anda pun akan lebih informatif, cara mengaksesnya adalah melalui View > System Information.

process-explorer-system-information

Bila ada proses yang menurut anda memperlambat komputer tapi tidak ingin mematikannya, anda bisa mengatur prioritas proses tersebut dengan mudah. Caranya adalah dengan klik kanan, pilih Priority dan ubahlah nilai prioritas yang ada.
process-explorer-set-priority

Ada nama proses tapi tidak muncul tampilan aplikasinya? Anda bisa mencoba memanggil jendela aplikasi tersebut. Caranya cukup klik kanan > Window > Bring to Front.
process-explorer-window-bring-to-front

Anda merasa ada proses yang mencurigakan? Klik kanan kemudian pilih Search Online untuk langsung mencari informasi mengenai proses tersebut, siapa tahu berbahaya dan harus segera dibasmi. Jendela pencarian di browser anda akan otomatis terbuka dan mencari informasi mengenai proses tersebut.

process-explorer-search-online

Ingin mematikan program yang tidak merespon apapun? Klik kanan pada nama program tersebut dan pilih Kill Process.

process-explorer-kill-process

Bisa dilihat fungsi – fungsi yang dimiliki memang lebih baik dibanding Task Manager bawaan Windows, anda bisa menggantikan Task Manager dengan Process Explorer secara permanen melalui Options > Replace Task Manager.

process-explorer-replace-task-manager

Process Explorer bersifat portable dan memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak perlu diinstall, tapi kalau anda berniat menggunakannya sebagai pengganti Task Manager permanen – sebaiknya anda pindahkan program tersebut ke lokasi standar instalasi di Program Files.

Satu pemikiran pada “Melihat proses program yang aktif dengan Process Explorer”

  1. Mohon bimbingannya, Task manager saya tidak bisa dibuka, semua cara regedi, dan gpedit sampai download file task manager fix sudah saya lakukan. terakhir saya download proccess explorer juga tidak muncul tampilan apa2.
    apakah ada masalah dengan OS atau ada virus di PC saya

    thanks
    REgards
    Reza

    Balas

Tulis komentar...