Melihat riwayat akses Dropbox

DropBox tampaknya sudah menjadi standar dalam berbagi file, setidaknya jaman selama saya kuliah dan sekarang di dunia kerja cukup sering digunakan. Alternatifnya mungkin Google Drive yang populer karena sudah jadi satu dengan Gmail/Android. Kali ini ceritanya di kantor ada kecurigaan ada orang yang tahu username dan password salah satu rekan kerja dan mengakses file – file penting yang ada didalamnya.

Entah memang jadi sasaran atau karena keteledoran tetap saja berbahaya. Bisa jadi rahasia pribadi atau perusahaan bocor karena ini. Karena itu selain wajib mengganti apa kata sandi akun Dropboxnya juga patut dicek riwayat pengguna/aksesnya. Apakah benar ada orang lain yang masuk menggunakan login yang tidak seharusnya.

dropbox-security-sessions-devices

Untung saja ini adalah hal yang mudah, kita bisa langsung melihatnya pada halaman Security Dropbox: https://www.dropbox.com/account#security.

Ada beberapa hal penting didalamnya:

  • Perhatikan apa isi bagian Sessions yang akan menunjukkan browser yang telah membuka akun Dropboxnya.
  • Pada Devices yang menampilkan daftar perangkat yang tersambung ke akun Dropbox anda.
  • Terakhir adalah Apps yang memperlihatkan aplikasi apa yang terhubung.

Bisa dilihat juga lokasi yang mengakses dan waktu terbaru kapan masuknya. Dari sini sudah dapat dikira – kira apakah benar ada orang yang berniat buruk.

Tulis komentar...