Melihat sejarah suatu website dengan Wayback Machine

Pesatnya pertumbuhan website baik untuk tujuan komersial atau pribadi bisa membuat kaget karena perubahan yang sering terjadi. Tampilan website yang dulu modern sekarang menjadi kuno, kalau anda ingin bernostalgia terhadap website – website lama ada satu cara yang bisa anda lakukan. Cara ini juga bisa anda manfaatkan untuk mencari informasi bila halaman web sudah dihapus, website sudah lenyap atau bila sedang down.

Perkenalkan Wayback Machine adalah salah satu layanan dari Internet Archive, dengan menggunakan mesin waktu internet ini anda bisa melihat masa lalu dari sebuah website dan tentunya dari masa ke masa tertentu juga didukung. Isi website akan sebisa mungkin lengkap dan persis sama dengan aslinya, tapi tidak menutup kemungkinan ada ketidaksempurnaan pada proses duplikasinya. Cara menggunakannya cukup isikan alamat website yang dituju, atau bila anda hanya ingin membaca artikel yang sudah hilang isikan langsung alamatnya. Klik Browse History untuk melihat sejarah website.

wayback-machine

Anda akan melihat informasi berapa kali alamat web tersebut dibuat arsipnya dan pada tanggal berapa saja.

wayback-machine-utekno-snapshot-july

Silahkan pilih salah satu tanggal arsip yang tersedia untuk melakukan browsing ke website tersebut pada tanggal tertentu.

wayback-machine-utekno

Bisa anda lihat bahwa informasi yang ditampilkan memang benar – benar di waktu lampau dan tidak semua aset?(css, javascript, gambar, video, lagu dan sebagainya) tersimpan sempurna sehingga tidak lengkap tampilannya. Jangan lupa anda bisa menggeser waktu saat halaman tersebut disimpan, jadi anda bisa melihat tahap perubahannya dari waktu ke waktu. Klik saja tanda panah kiri atau kanan untuk mengubahnya.

wayback-machine-browse-utekno-july-snapshot

Anda bisa membuka halaman yang tersimpan layaknya browsing website biasa, dan ini merupakan salah satu kelebihannya. Kalau ada artikel atau informasi yang dihapus atau lenyap anda masih bisa berusaha menyelamatkannya di Wayback Machine.

Beberapa orang (kemungkinan detektif) menggunakan Wayback Machine untuk melacak identitas atau menelusuri jejaknya, ini bisa dari posting di forum, artikel yang dihapus atau profil. Bisa dikatakan semuanya selama di internet ada kemungkinan besar telah diarsip oleh Wayback Machine.

2 pemikiran pada “Melihat sejarah suatu website dengan Wayback Machine”

    • Ahaha. 😀 Kalau Google Cache cuma menyimpan kondisi halaman terbarunya. Lebih lengkap Wayback Machine tapi frekuensi updatenya yang kalah.

Tulis komentar...