Melihat seluruh addon yang terinstall dalam browser

Dibandingkan virus atau malware sebenarnya yang paling mengganggu adalah pembajakan browser. Akses website sebentar saja tiba – tiba muncul jendela popup berisi iklan, halaman pencarian bukannya Google tapi entah menggunakan apa dan banyak iklannya, juga kadang sampai diinjeksi iklan pada setiap halaman yang kita kunjungi. Bahkan ini bisa terjadi pada semua browser baik Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explore dan sebagainya.

Tinggal anda download dan jalankan BrowserAddonsView buatan Nirsoft. Akan otomatis dideteksi dan dimunculkan dalam daftar. Dari sini kita akan dengan mudah memahami karena dibedakan berdasarkan Item ID, Status (Hidup, mati, atau saat dibutuhkan saja aktif), Untuk browser apa, apakah ini ekstensi, plugin atau addon, namanya dan masih banyak lagi.

browseraddonsview

Kalau anda menemukan hal yang mencurigakan telah terinstall dalam browser anda maka bisa klik kanan dan membuka folder addonnya. Bisa dibackup dulu filenya baru dihapuskan supaya aman.

Saya sering menggunakan aplikasi BrowserAddonsView ini untuk diagnosa kesehatan browser pada komputer klien yang sedang bermasalah. Seringkali dibajak malware soalnya. Kalau cek per browser terlalu lama.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...