Melindungi hak cipta gambar dengan watermark

Kalau anda pernah membagikan gambar atau foto di internet baik lewat blog, forum, media sosial pasti akan mudah tersebar apalagi kalau isinya populer. Masalahnya kadang banyak pihak mengklaim kepemilikan atau mengambil keuntungan tanpa mereferensikan sumber pembuatnya. Jadi untuk memberikan identitas pada gambar dan sekaligus melindungi hak ciptanya bisa dengan memberikan watermark.

Paling sederhananya untuk jenis watermark adalah jenis teks, biasanya saya mengisikan alamat website tempat diupload gambarnya. Dan saya menggunakan software uMark untuk itu yang tersedia versi gratisnya.

umark-watermark-software

Tinggal anda masukkan file – file gambarnya atau langsung saja satu folder isikan kedalamnya, jadi bisa melakukan watermark massal. Sangat membantu kalau jumlah gambarnya sangat banyak.

Kemudian pilihlah jenis watermarknya. Bisa tulisan, gambar, bentuk, QR Code, efek dan filter. Saya biasanya menggunakan teks saja agar tidak mengganggu tampilan isinya dengan sedikit transparansi. Bila sudah anda setting – setting saya anjurkan agar disimpan watermarknya – bukan gambarnya – agar bisa digunakan berulangi kali tanpa perlu mengulangi lagi proses pengaturannya. Klik saja tombol Save tepat dibawahnya dan nanti anda bisa menggunakan preset yang anda buat sebelumnya dengan memilih Add Saved Watermark. Simple kan?

Akhirnya kalau sudah yakin klik saja Save Image, nanti akan muncul setelah dimana lokasi penyimpanan gambar yang diberi watermark jadi tidak akan secara sengaja atau tidak menimpa aslinya. Setelah itu klik Start untuk menjalankan proses watermark dan tinggal menunggu, bila sudah selesai maka folder lokasi tujuan hasilnya akan otomatis terbuka.

Sungguh mudah dan bisa diandalkan uMark ini. 🙂

Tulis komentar...