Memahami alur pelacakan resi kantor pos

Sekarang Pos Indonesia mulai banyak digunakan untuk urusan kirim barang. Apabila dilihat secara tarif aslinya selisih sedikit lebih murah dibandingkan jasa ekspedisi swasta, tapi keunggulannya adalah jangkau wilayahnya yang jelas paling luas seIndonesia, dimana – mana ada kantor pos. Urusan cek resi juga mudah karena tinggal buka situs resminya saja. Tapi ada hal yang sedikit berbeda dalam penggunaan dan penempatan status kirimannya yang bisa membuat orang salah paham.

Catatan, yang saya bicarakan disini adalah dari pengalaman dan pengamatan bagaimana proses cek resi Pos Indonesia dan format hasilnya sampai saat saya menuliskan ini. Bisa jadi dan semoga kedepannya dibuat lebih lengkap lagi dalam update berikutnya dan membuat semuanya tidak valid.

Saya contohkan hasil pelacakan resi diatas. Sudah diterima dan tampaknya normal saja kan? Coba perhatikan tanggal manifest serah (sudah diterima kantor pos asal) dan manifest terima (sudah dikonfirmasi terima pada lokasi kantor pos tercantum), selisihnya 8 hari kan?

Jadi bagi yang paketnya belum tiba atau dicek resi kok tidak berubah – ubah kodenya, masih di posting loket atau manifest serah sudah lama sekali biasanya akan bingung kok belum diproses. Nah… disinilah yang sering jadi salah paham, kantor pos tidak ada status untuk keberangkatan kiriman, jadi kalau tidak ada kabar baru itu bukan berarti pengirimannya berhenti. Aslinya tetap diproses dan dalam perjalanan tapi tidak ada update status lagi selama belum pindah lokasi untuk transit atau sudah sampai di wilayah tujuan.

Intinya ini adalah normal dan harap bersabar. Tapi anda bisa proaktif menanyakan langsung ke Pos Indonesia lewat jalur berikut:

Bagaimana dengan anda? Apakah ada pengalaman atau masalah dengan kiriman Pos Indonesia?

109 pemikiran pada “Memahami alur pelacakan resi kantor pos”

  1. Mas….minta tlng cek paket saya ya, ini no resinya 16574567258,knp cek resi status nya masih manifest serah,tidak berubah…makasih y Mas

  2. Saya mau menanyakan paket saya ..
    Diteruskan ke Kantor Antaran JEMBER itu apa ? Padahal sudah sampe di antaran jember ..
    Trus ad lagi Diteruskan ke Kantor Antaran JEMBER ..

    Mohon pencerahan nya ..

    • Apa maksud dari diteruskan ke kantor antaran lubuk sikaping y??padahal saya tidak tinggal di lubuk sikaping tpi di lubuk basung..mohon pencerahannya dan mohon bantuannya..

  3. Min tolong cek 17105941150 sudah cek tapi masih manifest serah. Dan alamat saya tidak tampil pas hasil searching web posindonesia.

  4. Min tolong cek nomer resi 16764071874
    sudah saya cek tapi masih manifest serah. Dan alamat saya tidak tampil pas hasil searching web posindonesia.
    Padahal pengiriman barang dr palembang ke medan kenapa belum nyampe 4 hari ini

  5. Wahh saya pernah punya pengalaman , salah alamat penerima. Padahal sudah tak kasih rincian lengkap. Malah dikirim ke kantor BMKG JENU. Seharusnya kalau memang tidak tahu lokasinya kan bisa tanya by phone/sms pada nomer telepon yg tertera. Kaya expedisi yg lainya… Udah gitu tertulis diterima rekan kerja. Hahahaha sejak kapan saya jadi karyawan BMKG. semoga POS INDONESIA bisa lebih baik, lebih cepat, karena banyak yg bilang cabangnya terrrrrrbanyak. Seharusnya bisa lahhh menjadi yg terrrrrbaik….?

  6. tolong semuanya ini saya khwatir barang saya tidak sampai soalnya tidak ada kabar, tlong cek in resi nya STR1421-3046328. waktu saya lihat masih proses tp kenapa lama ya. itu isi nya berkas STR. TERIMKASIH

  7. ada yang bisa bantu
    paket saya sudah sampai medan tapi sampai sekarang belum sampai ditempat saya
    mohon bantuan nya
    resi EG501783325KR

  8. Ini sudah lebih dari 10 hari.dari tanggal pengiriman 12/10/2019 sampai dengan saat ini tracking gak berubah.barang belum saya terima.padahal jarak kota hanya bersebelahan.
    No resi sekian 17459564554
    Teruma kasih

Tulis komentar...