Memainkan video WebM di Internet Explorer

Microsoft Internet Explorer telah mendukung codec H.264 sebagai salah satu format yang didukung dalam spesifikasi video HTML5. Tapi apabila anda menggunakan YouTube yang merupakan salah satu produk Google, maka codec yang diberikan secara default adalah WebM yang adalah codec video buatannya.

Walaupun masih belum banyak yang menggunakan WebM (YouTube yang terbesar) tapi tidak ada salahnya anda menambahkan dukungan memutar video yang menggunakan codec ini di Internet Explorer, daripada anda harus repot – repot berganti browser untuk menonton video tersebut.

Google telah merilis tool gratis untuk menambahkan kapabilitas memutar WebM ke browser Internet Explorer bernama WebM for Microsoft Internet Explorer. Tool ini mendukung Internet Explorer 9 dan diatasnya.
google-webm-for-internet-explorer
Pengguna Internet Explorer bisa memainkan video WebM setelah melakukan instalasi tool pada Windows. Komponen ini diinstall ke dalam Windows bukan sebagai add-on Internet Explorer, manfaatnya program lain dapat menggunakannya seperti Windows Media Player untuk memutar video bercodec WebM.

Cara tercepat menguji apakah video WebM dapat dimainkan dengan Internet Explorer adalah dengan bergabung dengan eksperimen beta YouTube HTML5. Setelah bergabung buka video mana saja dan tambahkan &webm=1 diakhir alamat video tersebut dan tekan Enter. Cara ini akan membuka video tersebut dengan menggunakan versi WebMnya.

youtube-webm-video

Cara alternatif lainnya untuk menguji dukungan WebM di Internet Explorer adalah dengan mengunjungi halaman Video Format Support dari Microsoft.

microsoft-video-format-support-webm
Memang kecil kemungkinan pengguna Internet Explorer akan mendapati video dengan codec WebM di internet sekarang ini. Tapi tidak ada salahnya menambahkan kemampuan ini di browser anda karena tidak mengganggu dan terintegrasi dengan Windows sehingga bisa digunakan software lain.

Tulis komentar...