Memaksa monitor menggunakan resolusi tertentu

Last Updated on Januari 13, 2021

Resolusi layar monitor kalau di Windows sejatinya bisa cuma ada beberapa pilihan, kalau diluar opsi yang ada ya nyerah biasanya. Ada teman yang bercerita sedikit soal masalahnya dimana game yang dimainkan pada 800×600 bisa lag parah, tapi pada 1366×768 normal kembali. Catatan saja ini monitornya tabung CRT bukan LCD/LED.

Setelah saya perhatikan, tampaknya disebabkan upscale yang dilakukan otomatis dari output VGA ke resolusi monitornya. Masalah konversi antara wide screen 16:9 dan 4:3. Solusinya kalau tidak ingin mengganti monitor atau membatasi resolusi hanya yang didukung cuma bisa dipaksa.

Saya perkenalkan Custom Resolution Utility: https://www.monitortests.com/forum/Thread-Custom-Resolution-Utility-CRU

Peringatan dulu, karena aplikasi ini mensetting grafis Windows diluar dukungan standar monitor/driver GPU maka tetap ada kemungkinan menjadi masalah. Jadi pahami dulu fungsinya dan Do With Your Own Risk.

Penggunaannya sebenarnya simple saja. Pada Detailed Resolutions itu tinggal Add, kita bisa memilih resolusi dan parameternya secara spesifik. Sesuaikan dengan jenis monitornya juga.

Sedangkan pada Standard Resolutions ini lebih cocok dipakai monitor CRT. Dan dimana kita ingin menggunakan resolusi yang lebih rendah daripada yang disediakan LCD. Yang Extended ini buat saya terlalu teknis, dokumentasinya bisa dibaca pada link diatas tapi intinya kita perlu setting manual. Nah saya sendiri tidak pernah sampai perlu pakai ini.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...