Memaksa video YouTube buffering penuh

Dulu kalau video di YouTube dipause maka progress bar untuk download videonya akan tetap berjalan sampai selesai. Cara ini sering dilakukan agar nanti saat nonton videonya bisa lancar sampai habis, daripada di tengah – tengah muncul buffering yang bisa bikin jengkel karena menunggu adegan lanjutannya. Tapi sekarang coba anda pause maka download videonya akan terhenti di beberapa menit saja setelahnya.

Perubahan ini terjadi sejak YouTube menggunakan HTML 5 Video dan DASH (Dynamic Adaptive Streaming over HTTP) dan fungsinya menghemat bandwidth server mereka karena tidak semua orang memutar video secara penuh. Jadi yang dikirimkan adalah data secara bertahap sesuai kebutuhan.

youtube-full-buffering

Dan barusan saja saya ketemu satu addon Firefox yang cocok untuk kasus ini. Jadi begitu dipause maka YouTube akan buffer videonya sampai selesai, kita tinggal play saja setelahnya dan tidak akan ada gangguan lagi. Langsung saja install YouTube without DASH Playback (fully buffer): https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/youtube-without-dash-playback/ dan kemudian aktifkan dengan mengklik iconnya di toolbar. Tidak perlu restart browser. Selesai.

Yang dilakukan addon ini sebenarnya adalah mematikan opsi media.mediasource.enabled yang ada dalam konfigurasi tingkat lanjut Mozilla Firefox. Tapi sudah saya coba setting secara manual (tanpa addon diatas) tapi tidak berfungsi seperti harapan.

Oh ya, kekurangan metode ini adalah kualitas video yang tersedia lebih sedikit. Saya coba ke beberapa video rata – rata yang tertinggi cuma 720p HD saja. Cuma sekali saja menemukan bisa 1080p.

Untuk pengguna Google Chrome bisa mencoba extension SmartVideo For YouTube: https://chrome.google.com/webstore/detail/smartvideo-for-youtube/lnkdbjbjpnpjeciipoaflmpcddinpjjp?hl=en

Tulis komentar...