Memantau status website dengan HostTracker

Tidak bisa mengakses website milik anda atau orang lain? Belum tentu masalah ada pada pihak kita sendiri, bisa jadi memang server hosting situs tersebut sedang bermasalah, salah setting DNS atau mengalami peningkatan kunjungan luar biasa sehingga takluk (ini bisa berujung pada bandwidth limit exceeded atau internal server error). Bagaimana cara memastikan kalau website tersebut sedang down atau tidak bisa dibuka dari seluruh penjuru dunia?

Anda bisa menggunakan HostTracker untuk memantau dan menguji keadaan website tersebut apakah bisa diakses dari berbagai negara, setidaknya minimal dari 23 lokasi di dunia. Cara menggunakannya cukup mudah, masukkan saja alamat website atau IP address pada kotak yang terletak di pojok kanan atas dan klik Check. Hal yang dicek defaultnya adalah akses http ke situs anda, pilihan lain ada ping, trace dan port.

hosttracker

Hasil cek  status website anda saat ini (instan) akan langsung terlihat dari seluruh lokasi server yang ada, ukuran halaman situs, kecepatan download rata – rata halaman website, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat website tersebut.
hosttracker-http-check-results

Kalau anda ingin mendapatkan laporan kondisi website atau server anda secara rutin maka isikan alamat email anda untuk berlangganan, bila ada peringatan akan otomatis dikirimkan surat elektronik ke alamat email yang didaftarkan sebelumnya.

Untuk detail pengecekan anda bisa menggeser halaman hasil pengujian kebawah.
hosttracker-http-check-details

Anda akan mengetahui lokasi asal pengujian, status dari website atau server hosting, alamat IP dari server hosting website tersebut, waktu yang dibutuhkan untuk loading situs seutuhnya, dan kecepatan download ke server tersebut.

Tulis komentar...