Mematikan cek ejaan pada Mozilla Firefox

Kalau anda sering mengetikkan tulisan lewat browser Firefox pasti pernah melihat garis – garis gelombang warna merah dibawa kata – kata tertentu kan? Bagi yang rutin memakai Microsoft Word tentu tahu ini adalah fitur spellcheck atau pengecekan ejaan tulisan. Tidak akan dikoreksi tapi ditandai saja. Tapi kemarin saya baru merasakan efek buruknya kalau mengedit tulisan dengan ribuan kata pada netbook, jadi ngelag dan berat sekali. 🙁

Kalau anda sedang mencari solusinya karena alasan yang sama atau sekedar merasa terganggu saja melihatnya di layar pas menulis maka caranya sangat mudah kok. Silahkan ketik atau copas alamat berikut about:preferences#advanced dan langsung ENTER. Cara panjangnya ya lewat menu > Options > pindahkan ke Advanced dan selanjutnya persis sama.

mozilla-firefox-options-advanced-general

Kemudian pindahkan ke tab General dan hilangkan centang pada opsi Check my spelling as I type. Dan selesai sudah, kita berhasl menonaktifkan garis gelombang merah dibawah setiap tulisan yang tidak ada di kamus Inggris atau Indonesia milik Mozilla Firefox. Fitur ini sebenarnya membantu kalau kita menulis hal – hal serius, tapi buat chatting di komputer yang rendah performanya malah bisa menghambat.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...