Mematikan download otomatis Internet Download Manager

Internet Download Manager adalah program yang cukup sering saya temukan di setiap komputer yang saya servis, dan memang reputasinya sesuai dengan kemampuannya dalam mendownload file – file biasa sampai streaming audio juga video tanpa perlu proses yang ribet. Tapi karena kemampuan deteksi adanya konten media ini terlalu agresif sehingga kadang dijalankan proses mengunduh file secara otomatis pada website tertentu. Ini yang agak mengganggu jadinya.

Jadi kalau di browser yang anda gunakan (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer dan sebagainya sudah dipasang addon untuk IDM atau standby di background maka besar kemungkinan anda pernah mengalaminya.

Untuk mengatasi hal ini maka anda perlu mencatat apa url situsnya yang bermasalah dengan IDM dan kemudian silahkan buka menu Download > Options, dan pindahkan tab aktif ke bagian File types. Tepat di bagian bawah akan ada setting untuk pengecualian download otomatis.

idm-downloads-options

Silahkan isikan alamat website tadi kedalam kotak “Don’t start download automatically yang disediakan from the following sites:”, antar alamat situs dipisahkan dengan spasi. Setelah itu setiap file yang berhasil dikenali IDM yang berasal dari salah satu url dalam daftar akan diabaikan dan dimatikan download otomatisnya. Kalau anda ingin mengunduhnya harus secara manual setelahnya.

idm-configuration-file-types

Terakhir mungkin anda penasaran apa fungsi simbol bintang/asterisk (*) yang digunakan dalam daftar alamat situs. Ini namanya adalah wildcard dan akan artinya semuanya akan dianggap sesuai persyaratan tergantung posisinya. Jadi misal url yang dimasukkan adalah *.utekno.com ini berarti setiap file berasal dari cdn.utekno.com, statis.utekno.com, dan semacamnya akan termasuk dalam daftar yang dicegah download otomatisnya. Begitu juga kalau diletakkan di akhir url, konsepnya sama.

Oh ya, sebenarnya kalau anda membatalkan proses download otomatis? 2 kali berturut – turut untuk file dari situs/url yang sama maka akan otomatis dinonaktifkan dan kemudian dimasukkan dalam daftar.

Semoga bermanfaat. 🙂

4 pemikiran pada “Mematikan download otomatis Internet Download Manager”

    • Selamat pagi Lacer, mohon maaf saya tidak membahas software bajakan mas. 🙂 Saya berikan alternatifnya ya mas: EagleGet atau DownloadNinja.

      Memang IDM cukup populer tapi kalau pakai yang bajakan repot sekali saat mau update mas, langsung diblokir kalau tidak sengaja tersambung ke server IDM. Saya sangat menganjurkan untuk memakai software yang memang bebas digunakan secara gratis saja mas.

    • Ahaha… dulu jaman kuliah memang sempat cari versi gelapnya mas, lama – lama karena repot saat update akhirnya beli juga lisensinya. Murah kok 250ribu seumur hidup. Tapi semenjak ganti ke MyRepublic karena kecepatannya sudah kenceng malah ga kepakai, lebih sering save as di browser. Ga terasa ada bedanya sekarang.

Tulis komentar...