Mematikan Java di web browser

Java adalah plugin yang lumrah ditemukan dalam web browser, fungsinya sih agar aplikasi yang dibuat dengan teknologi ini bisa langsung dijalankan dalam browser dari internet. Jadi cukup sekali dibuat tapi bisa digunakan di platform mana saja yang mendukungnya. Jeleknya Java ini sering ada celah keamanan. Bagusnya sudah sangat jarang adanya website atau layanan online yang membutuhkannya, jadi aman untuk dimatikan.

Nah… akan saya saya jelaskan bagaimana langkah – langkahnya untuk menonaktifkan Java di berbagai macam browser populer, mudah kok caranya. 🙂

Mozilla Firefox

Ketikkan alamat about:addons pada address bar dan tekan ENTER. Pilih bagian Plugins dan cari Java disini. Ubah opsinya menjadi Never activate untuk mematikan Java di Mozilla Firefox, setelahnya akan muncul kata (disabled) pada akhir nama plugin tersebut.
mozilla-firefox-disable-java

Google Chrome

Ketik chrome://plugins pada address bar dan tekan enter. Perintah ini akan menampilkan seluruh plugin yang terdapat pada Google Chrome. Beberapa mungkin dalam keadaan aktif dan yang lainnya tidak aktif. Cari Java pada daftar yang ditampilkan dan klik Disable untuk mematikan plugin di browser. Link disable ini akan berubah menjadi enable, dan warna backgroundnya menjadi abu – abu. Ini menandakan plugin Java telah berhasil dinonaktifkan.
google-chrome-disable-java

Baru sadar kalau di Chrome saya sudah tidak ada Javanya, mungkin dulu dihapus atau memang tidak menginstall pluginnya.

Opera

Akses alamat opera:plugins. Cari plugin Java di halaman ini dan klik tombol disable untuk menonaktifkan plugin Java di Opera.
opera-disable-java

Internet Explorer

Ini yang lebih repot karena settingnya ada diluar browser, yaitu di registry. Tekan Windows+R untuk mengeluarkan dialog Run, ketik regedit untuk menjalankan Registry Editor dan tekan enter.
regedit-internet-explorer-disable-java

Navigasi ke kunci Registry bernilai HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings\Zones\3 dan ubah nilai dari 1C00 menjadi 0.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...