LOADING

Type to search

Software

Mematikan proses startup Windows yang tidak berguna

Mengoptimasi kecepatan booting Windows itu hal gampang – gampang susah. Walaupun sudah mengikuti tutorial di internet pun kadang bisa salah atau masih kurang maksimal settingnya. Ini disebabkan banyaknya aplikasi dan proses yang bisa ikut menumpang pada saat startup Windows dan ikut memberatkannya.

Kalau mengaturnya secara manual ada kemungkinan terlewat, bisa karena tidak hapal mana yang aman dinonaktifkan atau ada keraguan nanti berpengaruh buruk terhadap kestabilan sistem operasi. Yang pasti saya sendiri belajar dari pengalaman selama ini melakukan troubleshooting PC. Tapi sekarang sudah jauh lebih dipermudah dengan bantuan aplikasi StartupLite dari MalwareBytes: https://www.malwarebytes.com/startuplite/

Malwarebytes StartUpLite

Tinggal download > install > jalankan. Ukurannya sendiri cuma 200KB. Selanjutnya akan muncul daftar program yang dideteksi tidak diperlukan atau tidak penting yang ikut dijalankan pada proses startup. Dalam contoh dikenali adanya SunJavaUpdateSched milik Java Runtime Environment. Anda bisa memilih Disable kalau ingin mematikannya, Remove kalau ingin menghapusnya, dan No action kalau ingin membiarkannya.

Kesimpulannya StartupLite ini sangat membantu kita mendiagnosa proses startup dan memberikan bantuan mau diapakan. Ini jelas jauh lebih sederhana dan aman dibandingkan secara manual mengedit konfigurasi msconfig (System Configuration).

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

10 Comments

  1. Movieon21 Juli 14, 2016

    Boleh deh nanti saya coba mas,

    Mas saya mau tanya mas pakai plugin sitemap apa ya? ini di Nginx sering banget eror sitemapnya di Search Console. Mau coba pakai Google XML Sitemaps tapi harus menambahkan rewrite di Nginx. Itu menambahkannya gimana ya gan? kalau di webuzo di tambahin di baris Nginx paling bawah malah Nginx jadi gak bs di restart.

    Pakai plugin Yoast eror http: 500 gan di webmaster google nya, pakai plugin sitemap apa ya mas ? atau mungkin mas sudah pernah posting cara membuat dan konfigurasi sitemap di Nginx?

    Maaf ya mas gak on topic 🙂

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 16, 2016

      Kalau Yoast memang untuk sitemapnya harus nambahkan konfigurasi virtual host Nginxnya mas:
      # Rewrites for Yoast SEO XML Sitemap
      rewrite ^/sitemap_index.xml$ /index.php?sitemap=1 last;
      rewrite ^/([^/]+?)-sitemap([0-9]+)?.xml$ /index.php?sitemap=$1&sitemap_n=$2 last;

      Beda lho mas konfigurasi Nginx (mesinnya) dan virtual host (website/penumpangnya). Yang kita edit disini adalah virtual hostnya.

      Sekarang saya ganti dari Yoast ke The SEO Framework mas, sudah terlalu kompleks menurut saya dan beratin VPS.

    2. Movieon21 Juli 17, 2016

      Sebenarnya saya sih sudah gak terlalu butuh plugin SEO kayaknya mas. Aduh berarti kemarin saya nambahin di mesinnya yang di /usr/local/apps/nginx/etc/conf.d/common.

      Kalau lokasi Nginx virtual host webnya di folder mana ya mas? Saya dari kemarin bingung dimana dan bagaimana nambahin rewritenya. Mohon bimbingannya mas.

    3. Movieon21 Juli 17, 2016

      Tambahan mas, kayaknya lokasi nginx virtual host itu di /etc/nginx/conf.d/domain.conf tapi kok saya tidak ada ya? di folder etc tidak ada folder nginx

    4. Chandra Utama Juli 18, 2016

      Oh karena instalasi Nginx yang saya bicarakan itu yang biasanya mas, bukan pakai Webuzo jadi lokasinya beda.

    5. Chandra Utama Juli 18, 2016

      Coba di panel Webuzo > Domain > Extra Configuration. Isikan Nginx dan lokasi file conf tambahannya, nanti yang diedit disana.

  2. Movieon21 Juli 18, 2016

    Oke mas, btw thanks ya sudah memposting artikel tutorial sitemap di Nginx.

    Oh ya mas, kalau di Domain – Extra Configuration kok default web server saya Apache ya (padahal nginx) seperti ini: http://prntscr.com/bu7ilb

    Nah ketika tak pindah ke Nginx dan klik Add Record malah error dan minta di upload file .conf sepert ini: http://prntscr.com/bu7j26
    berarti saya bellum ada file virtual nginx untuk web saya tersebut ya? adanya file nginx mesinnya.

    Balas
    1. Chandra Utama Juli 19, 2016

      Sama – sama, biar ada catatannya juga pas bahas ini. 😀

      Bukan mas. Sesuai namanya ini konfigurasi tambahan yang akan ikut dimuat oleh Nginx. Mencegah kita mengedit secara manual konfigurasi virtual hosting yang dibuat otomatis oleh Webuzo jadinya, resikonya kalau salah bisa rusak dan malah tidak berfungsi.

  3. franky Agustus 1, 2016

    selamat pagi, terima kasih atas ulasan diatas pak, saya juga ada kendala dengan Yoast SEO XML Sitemap, buat berat dan error, saya ingin coba ganti dengan ulasan Agan yang di atas menjadi The SEO Framework, semoga berhasil, terima kasih

    Balas
    1. Chandra Utama Agustus 5, 2016

      Sama – sama mas Franky.

Tulis komentar...