Mematikan suara kamera Android

Cekrik!” bunyi yang muncul saat anda menggunakan kamera di Android, tergantung kondisi dan suasana saat anda mengambil foto kadang suara ini bisa mengganggu momen yang ingin diabadikan. Karena itulah mematikan suara notifikasi ini bisa menjadi solusi, dan caranya sendiri cukuplah mudah.

Cara pertama adalah yang paling sering dilewatkan yaitu cek setting aplikasi kamera Android. Pada handphone Lenovo A369i Jelly Bean dan ASUS Zenfone 5 Kitkat saya ada kok opsi untuk mematikan suara kamera.

asus-zenfone-5-misc-camera-settings

Silahkan tap saja pada icon setting (bentuk gear) geser sampai anda menemukan setting suara kamera (Camera sound / Shutter sound), saya mendapatkannya di bagian Misc. Ubah menjadi Off. Mudah bukan?

Nah… kalau di perangkat Android tidak ada opsi serupa maka baru kita terpaksa menggunakan aplikasi tambahan seperti Camera sound off! tapi ini membutuhkan root, alternatifnya tanpa perlu akses root adalah memakai software kamera lain seperti Silent Camera.

Terakhir adalah cara manual dan membutuhkan handphone Android yang telah diroot, silahkan gunakan File Manager yang mendukung root seperti Total Commander atau Root Explorer dan akses system>media>audio>ui. Didalamnya anda akan menemukan sebuah file audio OGG bernama Shutter.ogg, bisa anda hapus atau rename filenya supaya Android tidak mengeluarkan suara kamera saat memotret.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...