Membaca file DjVu dengan WinDjView

Kalau anda sering membaca buku digital (ebook) terkadang akan menemukan file dengan ekstensi *.djvu yang memang tidak standar dalam pengarsipan digital buku dibandingkan format pdf, epub atau mobi. Sungguh suatu halangan bila ingin membaca novel atau buku tapi tidak bisa membukanya di komputer.

File DjVu ini sebenarnya adalah format saingan dari PDF yang bersifat open source. Utamanya digunakan untuk menyimpan dokumen hasil scan ke dalam format digital. Kelebihan djvu dibanding pdf menurut pembuatnya adalah kompresi ukuran file yang lebih kecil, dapat diberi layer untuk OCR (Optical Character Recognition).

Cara membuka atau membaca file djvu di Windows bisa menggunakan software WinDjView yang tersedia secara gratis dan open source. Cukup install software ini dan akan otomatis membuat asosiasi file *.djvu di Windows setiap kali akan dibuka menggunakan WinDjView.

windjview

Sebagai aplikasi pembaca DjVu dalam pengujian termasuk sangat ringan dan responsif dalam navigasinya. Fitur – fitur standar dalam membaca file seperti kemampuan copy teks, menambahkan bookmark, ekspor teks dan sebagainya sudah tersedia.Walau dapat dikatakan masih kalah fiturnya dibanding aplikasi pembaca PDF, tapi untuk tujuan membaca saja sudahlah cukup. Saya sendiri jarang menemukan ebook yang tersedia dalam format *.djvu saja, biasanya minimal ada versi pdf-nya.

Tulis komentar...