Membaca PDF di Mozilla Firefox

Tahukan anda bahwa Mozilla Firefox versi 15 dan setelahnya mampu membaca file PDF langsung di browser? Fitur ini sudah built-in dalam browser, jadi anda tidak perlu menggunakan software lainnya saat ingin membaca PDF dari Internet.

Sebelumnya untuk membaca PDF di Firefox, anda biasanya akan menggunakan plugin Adobe PDF Reader. Sayangnya Adobe PDF Reader terkenal akan kelemahan dari keamanannya, sehingga penggunaan plugin ini juga beresiko  diserang virus, trojan, worm atau malware.

Tentunya inisiatif Mozilla mengintegrasikan PDF reader pada Firefox berpengaruh positif terhadap kenyamanan dan keamanan browsing anda saat membaca file PDF online. Fitur ini tidak dalam kondisi aktif defaultnya, sehingga anda harus melakukan pengaktifan secara manual melewati konfigurasi Firefox.

Pertama pastikan versi Firefox anda adalah 15 atau keatas, untuk mengetahui versi Firefox yang anda gunakan klik menu Firefox > Help > About Firefox. Akan muncul jendela baru yang memberi informasi versi Firefox dan akan melakukan update bila anda belum menggunakan Firefox versi terbaru.
Mozilla Firefox About Firefox

Selanjutnya pada address bar ketik about:config dan tekan enter. Jika ini pertama kalinya anda mengakses setting melalui perintah ini anda akan mendapatkan pesan peringatan tentang perubahan konfigurasi. Untuk melewati pesan ini klik I’ll be careful, I promise!
Mozilla Firefox This may void your warranty!

Pada search bar ketik pdfjs.disabled untuk menampilkan konfigurasinya.

Mozilla Firefox about:config pdfjs.disabled

Kemudian klik kanan pada opsi ini. Pada menu pilih Toggle untuk mengubah setting dari True menjadi False atau alternatifnya anda bisa melakukan double click.

Mozilla Firefox about:config pdfjs.disabled toggle

Tulis komentar...