Membatasi jumlah koneksi download di Internet Download Manager

Download menggunakan IDM (Internet Download Manager) memang cepat, tapi karena kesaktiannya dalam memaksimalkan bandwidth internet anda dan server tempat anda download kadang bisa membuat masalah. Seperti gagalnya download karena terlalu banyak koneksi yang berusaha terhubung ke website anda mendownload file tersebut.

Tidak semua server download mendukung fitur Resume capability (kemampuan melanjutkan download) untuk mencegah penyalahgunaan dan menghemat bandwidth. Ini yang bisa proses pengunduhan putus karena IDM tidak bisa meneruskan koneksi download yang berhenti.

Kadang anda perlu melakukan kompromi kecepatan download untuk menjamin selesainya proses download tersebut. Ini bisa dilakukan dengan mambatasi atau mengurangi berapa banyak koneksi yang diperbolehkan untuk terhubung ke server hosting file tujuan di IDM.

Untuk mengatur jumlah koneksi di IDM buka dulu programnya, akses menu Downloads dan pilih Options.
idm-downloads-options

Pindahkan ke tab Connection, perhatikan pada bagian Max. connections number. Secara default IDM menggunakan 8 koneksi terpisah ke server tempat download.

idm-configuration-connection

Anda bisa mengubahnya menjadi lebih besar (16) agar memaksimalkan kecepatan koneksi internet atau untuk memastikan kelancaran download kurangi menjadi 1 koneksi saja. Ini supaya download anda tidak terbagi – bagi dan IDM akan mendownload file dari awal sampai akhir secara bersambung. Klik OK untuk menerapkan perubahan jumlah koneksi download yang baru saja anda tentukan.

idm-download-status

Ini berbeda dengan membatasi kecepatan download Internet Download Manager karena tips ini bertujuan memastikan download anda selesai apalagi kalau tidak ada dukungan Resume capability dari server.

Tulis komentar...