Membatasi kecepatan download uTorrent secara global

Download file torrent menggunakan uTorrent memang benar – benar memanjakan penggunanya, tapi kalau tidak dipantau bisa tersedot habis bandwidth internet anda tanpa sisa. Maka dari itu kita harus pintar – pintar mengatur seberapa besar kecepatan download uTorrent supaya tidak mengganggu aktivitas internet lain seperti browsing, streaming video atau saling berebut bandwidth internet dengan IDM yang juga perlu dibatasi speednya.

Jangan lupakan juga kalau anda menggunakan internet dengan kuota maka wajib membatasi kecepatan unduh di uTorrent. Sekarang, bagaimana cara membatasi kecepatan download uTorrent secara keseluruhan (global)?

Membatasi kecepatan download global uTorrent melalui Preferences

Cukup mudah sebenarnya, silahkan ikuti langkah demi langkah untuk mengaktifkan speed limit di uTorrent berikut. Pertama tentu jalankan program uTorrent dan klik menu Options setelah itu pilih Preferences (CTRL+P).

utorrent-options

Kemudian cari bagian bernama Bandwidth, perhatikan bagian Global Download Rate Limiting. Isikan angka yang anda tentukan sebagai batas maksimal kecepatan download yang bisa digunakan oleh uTorrent, dalam satuan kB (kilo Byte) per detik. Dalam gambar saya isi dengan angka 75 yang berarti kecepatan download maksimal uTorrent dibatasi menjadi 75 kB/s. Bila diisi dengan angka 0 berarti tidak ada batasan atau unlimited. Klik Apply dan OK untuk menerapkan perubahan konfigurasi bandwidth.

utorrent-preferences-bandwidth

Kalau cara ini buat anda repot karena harus mengakses jendela preferensi uTorrent, ada cara lain yang bisa dikatakan relatif lebih cepat.

Membatasi kecepatan download global uTorrent melalui System Tray

Kalau anda pernah memperhatikan bahwa uTorrent pasti memiliki icon di System Tray yang terletak di kanan bawah Task Bar di sebelah jam Windows biasanya. Anda bisa mengakses menu uTorrent dari icon yang muncul disini, caranya klik kanan saja dan pilih Download Limit.

utorrent-system-tray-download-limit

Pilih kecepatan unduh yang anda inginkan dari opsi angka – angka yang disediakan dan uTorrent akan langsung mematuhi batasan kecepatan yang anda tentukan. Untuk mengembalikan ke semula cukup pilih Unlimited saat membuka menu yang sama.

Tulis komentar...