Membatasi volume suara dengan Sound Lock

Anda pasti pernah mengalaminya : saat dengan nyamannya menonton film atau video tiba- tiba suaranya menjadi jauh lebih keras dari sebelumnya, biasanya ini ciri khas film horor. Hal ini mungkin bukan jadi masalah kalau siang hari, tapi kalau terjadi waktu malam hari? Tentu akan mengganggu orang lain dan membuat anda kaget juga tentunya.

Salah satu solusinya adalah menggunakan headphone, tapi beberapa orang lebih suka mendengarkan lewat speaker karena lebih detail suaranya. Bila suaranya dikecilkan anda mungkin tidak bisa mendengar beberapa bagian suara (misal karakter film berbisik) dengan jelas, jika volume suara dibesarkan ada resiko tiba – tiba adegan berganti dan suaranya langsung menjadi keras.

Bagi anda yang masih dalam dilema ini jangan khawatir ada solusi bagi anda, yaitu software bernama Sound Lock. Aplikasi ini mampu mengunci tingkat volume suara yang keluar dari speaker anda. Anda bisa memilih level suara manapun dan tidak perlu khawatir suara yang keluar tiba – tiba melebihi batas yang anda tentukan.

Sound Lock mampu memberi anda kendali terhadap volume suara dari seluruh channel atau hanya satu channel saja, aplikasi ini mendukung sampai 14 channel. Sound Lock bekerja bila ada suara keras melewati batas yang telah anda tetapkan dan akan diturunkan ke batas volume suara yang telah anda tentukan. Bila adegan dengan suara yang keras telah selesai maka secara otomatis akan menaikkan kembali volume suara supaya anda bisa menikmati adegan selanjutnya yang lebih hening.

Anda bisa memilih melakukan filter suara per channel atau filter master volume untuk menurunkan suara di semua channel bersamaan. Perangkat output suara default juga bisa dipilih dari opsi program untuk memberikan batasan volume. Jika anda memiliki lebih dari dua speaker, anda juga bisa membuat limit pada channel speaker tertentu.

Setelah instalasi Sound Lock akan berjalan pada system tray (di pojok kanan bawah), klik kiri untuk membuka jendela utama dan anda bisa memulai mengatur batas volume maksimum atau mematikan aplikasi ini.
Sound Lock

Klik kanan pada icon akan memberikan akses pada setting program. Filter mode akan memberikan pilihan jika anda ingin menggunakan filter per channel atau master volume tunggal.

Sound Lock filter mode

Output channels memberikan pilihan terhadap channel speaker yang ingin anda kendalikan. Output device akan memberikan pilihan terhadap perangkat mana batas ini diterapkan.

Sound Lock output mode

Jadi tingkat volume audio dari komputer anda akan secara otomatis disesuaikan berdasar kondisi – kondisi yang anda inginkan. Tidak akan ada lagi kejutan saat menonton dan anda dapat menikmati film dengan santai.

Tulis komentar...