Membersihkan DNS Cache di Windows

Permasalahan pada koneksi internet kadang bisa disebabkan oleh cache DNS yang rusak. Membersihkan atau flushing cache DNS bisa menjadi solusi yang paling mudah untuk memperbaiki koneksi internet anda.

Windows akan menyimpan informasi dalam cache DNS (Domain Name Server) mengenai alamat IP dari suatu website dengan tujuan mempercepat aksesnya, hal ini bertujuan baik dan bermanfaat terhadap kecepatan anda membuka website tersebut karena komputer tidak perlu mencari lagi ke server DNS. Tapi kalau informasi yang disimpan salah maka website yang ingin dibuka tidak akan berfungsi dengan baik atau malah tidak bisa dibuka sama sekali. Jadi sebaiknya anda membersihkan isi dari cache DNS ini untuk memperbarui dengan informasi yang benar.

Untuk membersihkan DNS Resolver Cache ini jalankan dulu command prompt di Windows, anda bisa mengaksesnya dengan klik Start > Accessories > Command Prompt.

windows-7-start-menu-accessories-command-prompt

Jangan lupa jalankan sebagai administrator dengan klik kanan “Run as Administrator” bila anda menggunakan Windows Vista, 7 atau 8.

windows-7-right-click-run-as-administrator

Ketikkan ipconfig /flushdns untuk menghapus cache DNS yang digunakan Windows.

windows-7-ipconfig-flushdns

Bila berhasil akan muncul pesan:

Windows IP Configuration Successfully flushed the DNS Resolver Cache.

Membersihkan cache DNS ini untuk memaksa Windows menggunakan informasi terbaru dari website yang dikunjungi, jadi bila anda terkena DNS poisoning atau DNS server anda bermasalah dan mengakibatkan tidak terbukanya website tersebut bisa mencoba cara ini.

Tulis komentar...