Membersihkan kipas komputer

Akhirnya saya diminta bantuan untuk hal yang saya rasa lain dari biasanya, bukan memperbaiki komputer (walau masih berhubungan) juga tidak mengatasi error Windows dengan softwarenya. Melainkan membersihkan kipas laptop yang sudah menumpuk debu, kotoran, minyak dan paling parah adalah sisa asap rokok/nikotin yang menempel.

Kenapa hal ini menjadi masalah? Ceritanya di notebook Thinkpad lama milik teman saya (lupa serinya, tapi prosesornya masih Core2Duo) supaya bisa hidup ternyata ada sensor bahwa fan motherboard harus berputar. Lha ini sudah baling – baling kipasnya tertutup kotoran jadi tidak bisa berfungsi lagi, dan tidak bisa disapu dengan kuas atau dihisap menggunakan vacuum cleaner. Dicongkel dengan obeng kotorannya juga resiko cacat.

Kipas prosesor merek Zalman, hanya sebagai ilustrasi bukan fan yang sedang dibahas. :)
Kipas prosesor merek Zalman, hanya sebagai ilustrasi bukan fan laptop yang sedang dibahas. 🙂

Karena teman saya tidak ingin mengeluarkan uang kalau bisa dan saya sendiri penasaran akhirnya saya temukan solusinya: Alkohol Isopropil karena murah, cukup yang 91% saja tapi yang lebih tinggi tidak masalah.

Nah… apa yang perlu dilakukan setelahnya? Pertama adalah melepas fan laptop tadi dengan heatsink CPUnya, kemudian cari wadah dan rendam kipasnya dengan Isopropyl Alcohol tadi. Jangan khawatir akan merusak komponen elektronik, ini aman kok dan memang trik lama untuk membersihkan komputer. Tapi tentu ada bahayanya, dan alkohol ini rentan pada suhu panas. Jadi harus benar – benar kering sebelum anda memasangnya kembali, usap dengan tisu untuk memastikan tidak ada yang tersisa.

Kalau anda takut merendam fan dalam alkohol maka bisa mengelapnya dengan menggunakan tisu yang sudah diberi alkohol isopropil, dan untuk sudut – sudut yang sulit pakailah cotton bud. Ini memang lebih lama tapi lebih aman. Saya berani merendamnya dengan isopropil karena hanya kipas, kalau motherboard jelas saya pakai metode lain.

Oh ya, Asetone bisa digunakan sebagai alternatifnya tapi ini lebih kuat dibanding alkohol dan bisa merusak plastik. Sering digunakan untuk membersihkan heatsink dari sisa – sisa thermal paste.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...