LOADING

Type to search

Windows

Membersihkan sisa instalasi game Steam, GOG, UPlay dan Origin

Doyan ngegame yang lagi populer? Selain masalah spesifikasi PC/laptop, juga kapasitas harddisk bisa kritis kalau semuanya diinstall. Apalagi game – game yang sedang rame pemainnya ukurannya kadang tidak tanggung – tanggung juga. Tapi khusus yang suka coba – coba atau berganti game setiap beberapa waktu maka efek sampingnya harddisk akan penuh dengan perlahan.

Walaupun kita sudah tidak memainkan gamenya juga menghapus instalasinya bukan berarti kapasitasnya akan langsung kembali seperti semula. Seringkali masih ada sisa – sisa file dan folder dari gamenya yang gagal dibersihkan oleh uninstallernya.

Masalahnya kalau sudah tidak mungkin upgrade hdd lagi, atau tidak ingin menghapus program/game yang ada karena masih dipakai atau penting. Kalau anda mengalami kasus serupa, bisa dicoba memakai aplikasi Steam Cleaner, yang nama aplikasinya sudah menjelaskan fungsinya tapi selain Steam juga mendukung GOG, UPlay Ubisoft dan EA Origin.

Tinggal download saja karena ini gratis dan ukurannya kecil, dan jalankan langsung programnya. Maka akan otomatis discan folder – folder game yang berhasil dideteksi dan nanti akan diberikan informasi berapa banyak file dan ukuran yang bisa dibersihkan. Setelah itu tinggal klik icon tong sampah saja untuk memulai prosesnya.

Dari percobaan 3 kali di komputer berbeda bisa membersihkan hingga 1-2 GB file sampah sisa Steam dan semacamnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tags:

Tulis komentar...