Membuat ASCII art dari gambar dengan Ascgen

ASCII (American Standard Code for Information Interchange) adalah salah satu standar untuk karakter yang digunakan dalam pertukaran informasi di komputer, jumlah karakter yang dimiliki adalah sebanyak 128 buah. Membuat gambar dari karakter – karakter ASCII ini merupakan salah teknik desain grafis bernama ASCII art, dan anda bisa membuatnya secara otomatis kalau menginginkannya.

Apabila anda memiliki gambar yang ingin diubah ke ASCII ternyata ada cara mudah untuk melakukannya. Anda bisa menggunakan software open source Ascgen untuk itu. Langkah awal yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan gambar yang ingin dikonversi ke gambar ASCII.
ascgen2

Setting Ascgen secara default sudah cukup untuk membuat gambar ASCII yang indah, tentu anda bisa mengubah karakter ASCII apa saja yang bisa digunakan untuk menyusun gambar, mengganti jenis font yang digunakan, besar ukuran gambar, melakukan rotasi gambar dan semacamnya dengan mudah.

Anda bisa menyimpan gambar ASCII ini dalam bentuk teks atau gambar, disini saya menyimpan hasil seni ASCII tersebut ke format gambar dan memiliki warna. Semuanya ini didapat dari gambar aslinya, jadi anda tidak perlu bingung.
ascgen2-save-as

Selanjutnya pastikan anda bisa membaca tulisan contoh yang ditampilkan dan kemudian klik OK untuk menyimpannya. Anda bisa memilih berbagai format gambar seperti BMP, GIF, JPG, PNG, dan TIFF.
ascgen2-choose-the-magnification-level

Contoh hasilnya bisa dilihat dibawah:

ascgen2-image-result

Gambar yang dicontohkan hanyalah menggunakan setting default tanpa perubahan sama sekali, jadi potensi gambar yang dimasukkan lebih baik sangatlah besar. Anda perlu mengutak – atik setting Ascgen lebih lanjut untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tulis komentar...