Membuat diagram dengan Dia

Gambar diagram merupakan salah satu faktor pembantu untuk memahami proses yang akan dan sedang dikerjakan. Menggunakan diagram akan memperkecil resiko salah penafsiran cara kerja dan hasil yang diinginkan apabila hanya ada dalam bentuk tulisan saja. Pembuatan diagram ini tidaklah sulit sebenarnya, hanya membutuhkan software yang tepat saja – tidak semua harus menggunakan software berbayar seperti Microsoft Visio untuk membuat diagram.

Dia adalah software alternatif Microsoft Visio yang bisa anda gunakan untuk mendesain diagram, walau software ini bersifat open source dan gratis bukan berarti tidak mampu menandingi saingannya yang berbayar.
dia-loading

Cara menggunakan Dia sangatlah mudah, anda hanya perlu menarik objek diagram yang diinginkan dari kotak sebelah kiri ke kanvas diagram di sebelah kanan. Anda bisa menghubungkan antar objek dengan konektor yang terletak disebelah kiri atas, cukup tekan asal simbol dan arahkan ke simbol diagram tujuan dan akan langsung terhubung. gambar juga bisa anda sisipkan kedalam diagram, anda bisa menggunakannya untuk memberi gambaran nyata atau untuk memperindah saja.

dia-overview

Anda bisa menambahkan tulisan pada diagram, warna tulisan, warna simbol diagram, mengubah font dan besar simbol – cukup klik kanan pada objek diagram tersebut dan memilih Properties.
dia-object-properties

Jenis diagram yang bisa dibuat secara default akan terlihat hanya 2 saja yaitu diagram Flowchart dan diagram UML (Unified Modeling Language).
dia-sheets-chooser

Sesungguhnya masih banyak jenis diagram yang didukungnya cuma tersembunyi dalam opsi – opsi yang ada. Untuk mengaksesnya buka pilihan jenis diagram kembali dan pilih Other sheets.
dia-other-sheets
Beberapa diagram tambahan yang tersedia seperti : Entity Relationship, Circuit, Network, Jigsaw, Civil, Database, Gane and Sarson dan masih banyak lagi.

Kalau anda masih merasa jenis diagramnya kurang atau mencari jenis diagram khusus, anda bisa mencoba mendownload jenis diagram tambahan dari website Dia yang terletak pada Dia Shape Repository.

dia-shape-repository

Bisa disimpulkan Dia memang cara membuat diagram dengan baik dan indah yang juga sesuai dengan kebutuhan banyak orang, apalagi aplikasi ini tersedia secara gratis. Semua fitur ini membuatnya tidaklah kalah dibanding solusi lain yang membutuhkan uang, daripada anda melanggar hukum untuk membuat gambar diagram lebih baik mendukung pertumbuhan penggunaan software open source. Dia tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Mac – jadi bisa dikatakan seluruh sistem operasi populer telah didukungnya.

Tulis komentar...