Membuat DVD Video dari MP4

Beberapa hari lalu mendapatkan pertanyaan dari teman tentang bagaimana caranya membuat DVD Video dari file MP4 yang didapatkan dari YouTube. Isinya video nyanyian dan edukasi anak kalau saya lihat. Sedangkan akses internet dibatasi untuk anak kecil, jadi lebih tepat memang kalau pakai DVD untuk memainkannya.

Masalahnya ternyata tidak mudah juga untuk solusi gratisannya. Dalam laptopnya memang sudah ada Nero bawaan dari pabrik tapi ternyata tidak mendukung konversi otomatis dari video MP4 ke .TS yang digunakan oleh DVD Player. Jadi formatnya berbeda.

Setelah mencari kesana kemarin akhirnya ketemu satu software yang cocok dan mudah yaitu Freemake Video Converter. Sesuai namanya aslinya memiliki kemampuan lebih dari itu dengan konversi banyak format/codec video. Tinggal install saja tapi harap jangan langsung dinext karena ada opsi untuk menginstall adware/malware, pastikan tidak anda pilih. Memang sangat disayangkan tapi kita cuma bisa mengakalinya karena ini resmi.

Selanjutnya tinggal anda masukkan video – videonya dengan klik menu Video diatas, setelah itu kita tentukan mau dikonversi ke DVD dibawah. Nanti akan muncul apa judul DVDnya nanti dan akan diburn ke drive mana. Jangan lupa kita bisa mengganti menu DVD Videonya dan memilih kualitas videonya sendiri. Setelah itu ya dibakar saja. 😀

Tapi versi gratis Freemake ada kekurangannya, yakni pada beberapa detik awal dan akhir videonya akan muncul splash screen berisikan produknya. Kecuali anda membayar maka tidak bisa dihilangkan.

Tulis komentar...