Membuat teks bold, italic, dan strikethrough di WhatsApp

Tampaknya memang saya belum mengenal fitur – fitur WhatsApp secara mendalam. Dan kemarin saya baru tahu kalau di WhatsApp saat chatting kita bisa membuat tulisannya cetak tebal (bold), cetak miring (italic), atau dicoret (strikethrough). Rata – rata teman saya tahunya teks yang tidak standar ini pasti copas. Ternyata tidak seperti itu dan caranya sendiri sangatlah mudah.

Jadi sederhananya ada simbol – simbol atau karakter yang bisa digunakan untuk menandakan tulisannya ingin diformat seperti apa dalam percakapan WhatsApp. Anda bisa melihat gambar dibawah sebagai ilustrasinya dan juga saya jelaskan cara dan contohnya.

whatsapp-bold-italic-strikethrough

  • Bold – untuk tulisan dicetak tebal maka ketik simbol bintang (*) pada awal dan akhir katanya. Contoh adalah *tebal*
  • Italic – sedangkan untuk tulisan cetak miring maka tambahkan karakter garis bawah/underscore (_) mengapit pada katanya. Contoh adalah _miring_
  • Strikethrough – dan untuk kata yang dicoret dibutuhkan simbol cacing/tilde (~) untuk mengapitnya. Contohnya ~coret~

Oh ya, ternyata bisa dikombinasikan juga formatting. Jadi misal kita ingin cetak miring dan dicoret, maka gabungkan saja ~_miringcoreng_~ dan hasilnya akan seperti yang diinginkan.

Ini ga penting sih, tapi sistem formatting mirip dengan Markdown yang biasa digunakan pada Reddit dan GitHub. dan rasanya ada sistem lainnya.

Tulis komentar...