Membuka file FSB dengan FSB Extractor

Kalau anda suka mendengarkan musik atau lagu yang berasal dari game mungkin sebelum mencarinya di internet anda bisa menelusuri isi folder instalasi game tersebut untuk mencari file audionya. Kebanyakan memang menggunakan format audio standar seperti OGG, FLAC, WAV, MP3 dan sejenisnya. Bagaimana kalau anda menemukan soundtrack game berformat FSB (*.fsb)?

Lebih tepatnya: Tahukah anda bahwa file dengan ekstensi .fsb adalah format arsip audio? FSB (FMOD Sound Bank) adalah format audio yang digunakan berbentuk arsip dan berisi kumpulan lagu, jadi seluruh audio game tersebut terletak dalam satu file. Beberapa game yang menggunakan format FSB untuk audionya adalah Dragon Age: Origins, The Walking Dead, BioShock 2, League of Legends, The Witcher 2, Kingdoms of Amalur dan masih banyak lagi.

Untuk membuka dan mengekstrak isi file FSB anda bisa menggunakan software bernama FSB Extractor, aplikasi ini berukuran cuma 180KB dan juga bersifat portable. Cara menggunakannya cukup mudah, download aplikasinya kemudian jalankan dulu program FSB Extractor dan buka file dengan ekstensi .fsb. Maka seluruh lagu atau musik dalam file FSB tersebut akan ditampilkan pada program ini.

fsb-extractor

Anda bisa memilih satu atau lebih file audio untuk diambil atau secara massal melakukan pengekstrakan isi file FSB. Secara default file audio hasil ekstraksi akan diletakkan dalam folder bernama “Dumps” yang berlokasi sama dengan folder program FSb Extractor.

Daripada anda mengunduh semua file audio game karena tidak bisa membaca file .fsb, lebih baik memanfaatkan yang sudah tersedia di komputer anda bukan? Malah ukuran software FSB Extractor ini sangatlah kecil, gratis, dan tidak perlu diinstall.? Sehingga tentu lebih baik daripada menghabiskan bandwidth internet anda untuk hal yang kurang penting.

Tulis komentar...