LOADING

Type to search

Windows

Memperbaiki file sistem operasi Windows (alternatif sfc /scannow)

Dulu, kalau ada masalah dengan Windows maka sering kali pertolongan pertamanya adalah dengan menjalankan System File Checker atau sering disebut sfc /scannow pada command prompt. Baru kalau tidak ada kemajuan dalam masalahnya kita akan mencari solusi lainnya.

Apabila anda ingin mengatasi masalah yang disebabkan satu atau lebih file sistem operasi yang rusak/korup maka sebenarnya ada cara alternatifnya. Yakni dengan memanfaatkan DISM (Deployment Image Servicing and Management). Alat ini sudah tersedia sejak Windows 7, dan tetap memakai cmd dalam pengoperasiannya.

 

Saya sarankan tetap untuk melakukan backup file – file penting sebagai cadangan. Dan juga, perlu koneksi internet karena prosesnya akan membandingkan dengan database Microsoft dan file aslinya akan didownload dari servernya apabila ada yang terdeteksi korup.

Singkat saja, untuk menggunakannya jalan command prompt dengan hak administrator (wajib). Dan jalankan perintah berikut:

  • Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
    Perintah diatas fungsinya cuma memindai kesehatan Windows. Kalau dideteksi error akan diberitahukan tapi dibiarkan.
  • DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
    Kalau anda tidak suka buang – buang waktu dan ingin langsung memperbaiki errornya maka bisa pakai perintah yang ini. Setelah discan akan berusaha dipulihkan juga dengan bantuan Windows Update.

Catatan saja, prosesnya bisa memakan waktu lama, kalau tidak muncul apa – apa di layar dalam waktu lama maka biarkan saja nanti akan muncul progress barnya.

Yang pasti dengan memakai metode dism ini bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap sfc yang umum dipakai.

Tags:

Tulis komentar...