Memperbaiki icon CD/DVD drive yang hilang di Windows

Jika icon CD atau DVD drive anda tiba – tiba hilang atau tidak muncul di Windows, ada kemungkinan hal ini terjadi karena konflik dengan software lain, registry rusak atau terkena virus.

Kalau CD/DVD drive anda masih berfungsi secara fisik tapi tidak dikenali oleh Windows (di My Computer tidak muncul atau iconnya rusak), anda mungkin berpikir untuk menginstall ulang Windows atau mengembalikan ke keadaan sebelumnya dengan backup atau System Restore. Tahan dulu, program ini bisa membantu anda menghindari penggunaan cara yang merepotkan itu.

Anda hanya perlu menjalankan program dan klik pada tombol Repair dan merestart komputer anda untuk memastikan masalah ini diperbaiki. Sebelumnya sangat disarankan anda mengupdate driver atau firmware CD/DVD drive tersebut ke versi terbaru.

CD-DVD Repair interface

CD-DVD Repair juga bisa me-reset setting Autorun ke keadaan semula bila ada yang salah dengan Autorun komputer anda, dan melindungi dari serangan malware Autorun dengan mematikan fungsi Autorun sehingga virus tidak otomatis dijalankan saat CD/DVD atau portable drive dimasukkan.

Untuk lebih amannya, hilangkan centang pada kedua pilihan tambahan tersebut sebelum menjalankan fungsi Repair CD-DVD. Gunakan pilihan pertama bila Autoplay anda tidak bisa berfungsi, pilihan kedua tidak disarankan digunakan pada Windows 7 keatas karena Windows 7 sudah mematikan fungsi ini.

Apabila anda membaca artikel ini karena drive Blu-Ray/DVD/CD anda tidak muncul di Windows, anda bisa membaca cara mengatasinya di posting berikut.

Tulis komentar...