Memperbaiki judul halaman WordPress terduplikat

Saya kurang tahu bagaimana tepatnya menyebut masalah ini, yang pasti judul yang ditampilkan pada jendela atau tab browser akan bertambah , ganda, double, atau muncul dua kali. Contohnya: Nama Halaman | Nama Website Nama Website/, hal berikut dikeluhkan oleh salah satu pengunjung mengenai situs WordPressnya, dan berikut adalah beberapa hal yang bisa anda coba untuk memperbaikinya.

Dari pengalaman dan pengamatan saya ini biasanya disebabkan oleh plugin Yoast WordPress SEO yang konflik dengan theme atau plugin lain yang menggunakan fitur serupa (rewrite title). Nah… silahkan lakukan salah satu solusi dibawah:

  • Memastikan file header.php menggunakan standar fungsi penulisan title – Cek isi file header.php dari WordPress, bisa juga berada dalam tema anda.
    Pastikan dalam kode diantara title akan seperti berikut: <title><?php wp_title(''); ?></title>, bila tidak sama maka isikan dengan kode tersebut. Kalau anda menggunakan WooCommerce bisa jadi ini adalah penyebab masalahnya.
  • Memaksa diterapkannya setting Yoast WordPress SEO – Silahkan akses settingnya dan akses bagian Titles & Metas. Berikan centang pada Force rewrite titles dan save.
  • Cek variabel penulisan judul – Di setting WordPress SEO, masih di Titles & Metas silahkan buka tab Post Types. Pada Title template isikan dengan %%title%%-.

Daftar cara memperbaiki judul posting WordPress ganda ini akan saya update kalau sudah didapatkan solusi alternatifnya. Misalkan anda mengalami hal yang sama mohon disertakan nama tema dan daftar plugin yang digunakan.

3 pemikiran pada “Memperbaiki judul halaman WordPress terduplikat”

  1. apa kabar agan? wah masalah saya jadi bahan pelajaran buat orang lain nihh hehe tapi saya boleh nanya lagi ga gan? intinya kasus baru gan ? hehe

    gimana caranya menyembunyikan Tags list pada halaman artikel WordPress kita? saya memasukkan kata kunci yang banyak pada Tags buat kebutuhan SEO. tetapi kelihatannya jadi terlalu rame, gak rapih di halaman artikelnya itu karena Tags nya banyak sekali… Saya ingin Tags nya itu di sembunyikan tetapi tetap ada dan bisa diindex oleh Search engine… Mohon bantuannya .. buat yg bisa kasih solusi + step2nya

    Balas
    • Haha.. baik – baik saja mas. Iya saya buatkan panduannya supaya membantu jiwa – jiwa tersesat lainnya. 😀

      Jadi ini mau tagnya disembunyikan saja kan? Tapi masih dibaca bot Google? Bisa sih mas, pakai kode CSS untuk supaya bagian tag tidak ditampilkan:
      kelascss.disembunyikan{
      display: none!important;
      }

      Dimana kelascss.disembunyikan adalah nama class untuk tampilan tag di theme WordPress anda. Kalau anda sudah berhasil mendapatkan namanya maka tinggal sisipkan saja kode tersebut di custom CSS baik melalui panel tema kalau ada atau menggunakan plugin Jetpack.

      Tapi saya sangat tidak menganjurkan apa yang akan anda lakukan ini karena akan dianggap memanipulasi oleh Google. Intinya dilarang menggunakan teks atau link yang disembunyikan. Selengkapnya disini: https://support.google.com/webmasters/answer/66353

      Hati – hati malah jadi bumerang mas, niatnya mengoptimalkan SEO malah dipinalti hilang dari hasil pencarian.

Tulis komentar...