Memperbaiki kotak komentar yang hilang di WordPress

Kotak komentar blog anda hilang? Hal ini saya alami saat ada update pada theme WordPress yang saya gunakan pada pagi hari dan langsung memperbaruinya. Karena biasanya tidak ada masalah mengganti tema dengan versi baru maka saya baru menyadarinya di sore hari. Wah… sempat frustasi ini kenapa penyebab hilangnya kotak komentar di WordPress.

Beberapa hal lain yang mungkin berhubungan adalah seluruh komentar yang tidak muncul tapi tetap ada saat dicek di dashboard administrator, dan sidebar yang hanya muncul di homepage tapi tidak di post juga page. Catatan saja, saya menggunakan Jetpack Comments, walau sudah dimatikan tetap saja tidak ditampilkan.

Setelah mencari kesana kemari di internet, ternyata karena kecerobohan programmernya lupa menyisipkan satu potongan kode dalam file single.php (Single Post) dan page.php (Page Template), dan ini menyebabkan WordPress tidak tahu ada bagian lain dalam halaman yang seharusnya ikut ditampilkan.

Cara memperbaikinya? Silahkan akses halaman administrator situs WordPress anda, kemudian buka menu Appearance dan pilih Editor. Selanjutnya silahkan klik single.php dan cari <?php the_content(); ?>, kemudian tambahkan potongan kode berikut tepat dibawahnya <?php comments_template(); ?>. Lakukan hal ini kembali pada file page.php kalau Page pada WordPress anda juga rusak komentarnya.
wordpress-theme-editor-single-php

Kode diatas akan menambahkan kotak komentar tepat dibawah konten atau artikel. Ini adalah perbaikan sementara sambil menunggu si pembuat tema mengeluarkan versi terbaru yang membetulkan masalah ini.

Kalau masih bermasalah juga maka saya sarankan untuk mengganti ke tema lain sementara dan jangan lupa laporkan masalah ini pada developernya.

17 pemikiran pada “Memperbaiki kotak komentar yang hilang di WordPress”

  1. mas, sy sdh mencoba cara diatas dan tidak menemukan

    krn pada dasarnya theme WP yg sy pake tidak menyediakan kolom komentar. bgmn cara menambahkannya mas? mohon bantuannya

    Balas
    • Halo Taufiq, coba tambahkan kode berikut:
      <php comments_template(); ?>
      Kedalam file single.php. Pastikan dalam tema WordPress anda ada file comments.php juga dalam satu folder tema.

      Ini tema WordPress apa ya mas? Buat sendiri?

  2. halo mas chandra, aku lagi ngalami masalah ini nih, mohon bantuanya. saya baru aja ganti template, tapi gak ada kolom komentarnya.
    udah nyari di single.php. dan page.php kok gak nemu ya?
    kalo file comments.php ada.

    Edit:

    sudah nyari kode gak nemu di single dan page.php

    Balas
    • Selamat pagi Ibnu, yang tidak ketemu kode apanya mas? Memang solusinya kita terpaksa membuatnya secara manual dalam file single.php dan page.php.

    • Halo, sempat saya kira spam. Haha. 😀

      Yakin itu memang ada komentar mas? Siapa tahu itu Pingback/Trackback dan dihitung sebagai komentar di tema WordPressnya.

    • adduh 🙂

      Enggak, itu komentar yang saya test bikin sendiri… Tadinya gak ada ada comment form, lalu saya ikuti tutorial di atas,.. dan keluar comment form-nya, .. yg lucunya, di halaman pagenya, komennya gak muncul.. padahal kan hanya masukin

      🙁

    • Kalau page bukan di single.php tapi di paged.php, beda jenis soalnya. Yang pasti saya masih bingung juga haha.:D Ini pakai tema apa? Reinstall tema juga percuma?

      Oh ya, anda tidak lupa menyetujui komentar di daftar Pending kan?

  3. kayaknya sih itu, single.php dan paged.php .. ini tema flexible elegant theme … udah, udah di approve.. tapi tetap gak muncul.. gimana ya?? 🙁

    Balas
  4. sekarang keadaannya udah baikan , komennya udah muncul.. namun, comment form nya muncul dua, satu yang ada comment luv dan dibawahnya gak ada commentluv.. lalu, komen yang ditampikan minimalist banget … huahaha…. life is hard. Kalau versi aku kurang tau, aku install aja ..

    Balas
    • Diapakan saja mbak? Mungkin kode komentar diatas dihilangkan agar tidak kedobelan sama commentluv? Sudah coba Jetpack Comment mbak?

  5. Artikel nya membantu banget mas,

    tapi sayang saya belum dapet solusi nya gan. bisa bantu?

    di template saya tidak ada page.php , hanya ada comment.php singgle.php dan -post.php

    di dalam file php tersebut juga tidak ada

    ada masukan mas?

    Balas
    • sebenarnya klo ingin agar themes wp bawaan yg berjenis gratisan bisa muncul form komentar, cukup pakai sedikit modifikasi core pada template bawaan themes tsb dengan penambahan query php dan jg html saja sich dan hal itu cukup mudah, bahkan jika bawaan themes tsb tdk ada form komentarnya loe dgn catatan hrs mengerti cara kerja wordpress dan penggunaan fungsi looping di php dan sedikit modif database di phpmyadmin nya saja dan dijamin malah lebih powerful dibanding bawaan wordpress dan klo bisa tambahkan sedikit penggunaan css agar form cantik dan dijamin pengujung jg makin nyaman pasti nya hehheh

  6. Web kami menggunakan tema CLICK MAG, sebelumnya kolom komentar di sana ada tapi tiba-tiba hilang. saya sudah cek di settingan diskusi/komentar & juag di setiap post semuanya tercentang seperti biasa tapi tetep aja ga muncul.

    Untuk solusi yang bapak sebutkan di tema web kami ga ada SINGGLE PHP dan lain-lainnya. Minta solusinya pak?

    Minta solusinya, kami kebingungan ini?

    Balas

Tulis komentar...