Memperbaiki tampilan Android seperti klise foto

Apabila anda sedang mengalami masalah tampilan layar Android yang tidak normal maka jangan panik dulu, belum tentu rusak LCDnya asalkan tipenya bukan flek/noda di bagian tertentu saja. Kali ini yang saya bicarakan spesifik untuk tampilan yang jadi hitam keabuan, atau seperti negatif foto jaman klise dulu yang masih pakai pita.

Masalah kali ini terjadi pada hp Meizu m2 note saya, tapi sudah saya cek solusi dan setting yang sama sudahlah standar. Dan terjadi karena mungkin tidak sengaja diaktifkan mode ganti warnanya. Langsung saja buka Pengaturan/Settings dan cari bagian Aksesibilitas/Accessibility.

Didalamnya anda akan menemukan opsi Tampilan/Display dan seharusnya akan ada setelah bernama Inversi Warna/Invert Colors. Fitur inilah yang akan membuat warna yang dipakai Android menjadi terbalik. Sekian, begitu dimatikan seharusnya akan normal kembali seperti semula. Pada merek hp tertentu kadang nama pengaturannya adalah Warna Negatif/Negative Colors.

Sekalian anda cek setting Koreksi Warna/Color Correction yang mestinya ada tepat dibawahnya, coba dihidupkan atau dimatikan kalau masih ada yang dirasa belum pas.

Oh ya, ciri – ciri utama kalau yang salah ada setelan inversi warna adalah silahkan anda buat screenshot dan buka gambarnya pada komputer atau hp lain. Mestinya tetap normal, karena efeknya ini setahu saya cuma semacam filter jadi tidak permanen diterapkan sistem displaynya. CMIIW.

99 pemikiran pada “Memperbaiki tampilan Android seperti klise foto”

  1. Mass. Hp aku vivo y65. Kalau lihat foto di galeri atau liat gambar di google. Gambarnya jadi rusak gtu mas. Ada kolase kolase gtu. Grafiknya jadi rusak gitu mas. Tapi kalo di next gambar lain lalu di lihat foto yg rusak tadi jadi bagus lagi. Gtu mass. Taoi kalo di sceenshot pas rusak itu mas. Lalu di kirim ke temen jadi rusak juga. Padahal lcd baru ganti. Sebelum ganti udah kena juga mass. Apa mesin hp nya yg rusak ya mass? Tapi kalo video ga ada rusak maass. Susahnya gini kalo post foto ke instagram kadang2 rusak kadang2 ga. Jadi harus di ulang ulang post sampai bagus. Mohon mas Pencerahannya

    Balas
  2. mhn pencerahan tablet android sy layar jadi seperti negatif klise , sy udah screenshot dan sy kirim ke hp lain hasil bagus; sy masuk ke menu aksesibility namun cari item inverse warna tidak ada … bagaimana solusinya

    Balas
  3. Terimakasih banyak admin saya sudah berhasil melakukan nya … Saya pikir layar saya rusak gara gara anak saya main game..

    Semoga admin semakin sukses dan berkah…

    Balas
  4. Hp saya Redmi 5a dan saya rasa mengalami hal yang sama, ketika mengubah jenis kontras warna menjadi hangat/dingin atau ketika mengaktifkan mode baca tiba tiba layarnya berubah seakan² LCDnya rusak. Waktu itu awal untungnya saya sudah kaitkan akun google jadi masih bisa saya factory reset lewat perangkat lain. Bedanya adalah, layar redmi 5a saya ini lebih parah ketika masalah ini terjadi. Yg terlihat di layar hanya bagian tengahnya saja berbentuk persegi, dan itupun tidak terlihat alias klise, Om. Bagaimana mengatasinya? Sedangkan batrainya kan tidak bisa dilepas jadi setiap hal ini terjadi saya harus factory reset terus. Terima kasih.

    Balas

Tulis komentar...