Memperbaiki tampilan Android seperti klise foto

Apabila anda sedang mengalami masalah tampilan layar Android yang tidak normal maka jangan panik dulu, belum tentu rusak LCDnya asalkan tipenya bukan flek/noda di bagian tertentu saja. Kali ini yang saya bicarakan spesifik untuk tampilan yang jadi hitam keabuan, atau seperti negatif foto jaman klise dulu yang masih pakai pita.

Masalah kali ini terjadi pada hp Meizu m2 note saya, tapi sudah saya cek solusi dan setting yang sama sudahlah standar. Dan terjadi karena mungkin tidak sengaja diaktifkan mode ganti warnanya. Langsung saja buka Pengaturan/Settings dan cari bagian Aksesibilitas/Accessibility.

Didalamnya anda akan menemukan opsi Tampilan/Display dan seharusnya akan ada setelah bernama Inversi Warna/Invert Colors. Fitur inilah yang akan membuat warna yang dipakai Android menjadi terbalik. Sekian, begitu dimatikan seharusnya akan normal kembali seperti semula. Pada merek hp tertentu kadang nama pengaturannya adalah Warna Negatif/Negative Colors.

Sekalian anda cek setting Koreksi Warna/Color Correction yang mestinya ada tepat dibawahnya, coba dihidupkan atau dimatikan kalau masih ada yang dirasa belum pas.

Oh ya, ciri – ciri utama kalau yang salah ada setelan inversi warna adalah silahkan anda buat screenshot dan buka gambarnya pada komputer atau hp lain. Mestinya tetap normal, karena efeknya ini setahu saya cuma semacam filter jadi tidak permanen diterapkan sistem displaynya. CMIIW.

Comments (2)

  1. andre aggasy harhara Februari 20, 2017
    • Chandra Februari 21, 2017

Leave a Reply