Memperbaiki tampilan icon salah di Windows

Apakah tampilan icon – icon file dan program di Windows anda bermasalah? Seperti icon yang salah, rusak, atau korup memang kadang bisa terjadi dan tidak jelas solusinya apa. Bahkan walaupun direstart pun tidak kembali seperti semula. Kalau anda sedang mengalami error serupa maka ada cara untuk mengatasinya.

Seluruh icon yang muncul di Windows sebenarnya akan dimuat dari cache dan ini ada batasan isinya. Faktor penyebab masalah icon paling umum adalah rusaknya isi dari cache icon Windows dan ini bisa dengan mudah diperbaiki.

Bagaimana solusinya? Silahkan akses folder local dari profil username Windows anda, contohnya: C:\Users\Chandra\AppData\Local ini adalah lokasinya dari user account saya di Windows 7.

windows-7-userprofile-appdata-local

Cara cepatnya silahkan ketikkan variabel alamat berikut di Windows Explorer: %userprofile%\AppData\local dan lokasi diatas akan terbuka sesuai dengan pengguna yang sedang anda gunakan saat itu.

Didalamnya akan ada file bernama IconCache.db yang disembunyikan (hidden), silahkan langsung hapus saja dan restart Windows. Saat sesi berikutnya akan dibuat kembali secara otomatis dengan data yang baru, jadi cukup aman untuk dibersihkan.

Semoga berhasil. 🙂

Tulis komentar...