Memperbaiki “WARNING: The battery cannot be identified”

Saya baru saja mendapatkan titipan sebuah laptop DELL Inspiron 14R N4010. Selain menginstall ulang Windows 7 (gagal 3 kali karena masalah partisi), ternyata setelah mengupdate BIOSnya ke versi A13 muncul masalah lain. Agak kaget juga saat dinyalakan setelah loading BIOS muncul suara bip yang keras dan pesan peringatan bahwa baterai notebooknya tidak dikenali. Padahal sebelumnya normal – normal saja.

Pesan error yang muncul adalah sebagai berikut:

dell-inspiron-14r-warning-battery-cannot-be-identified
WARNING: The battery cannot be identified.
The system will be unable to charge this battery.
Press <F1> to continue…..
Press <F2> to enter SETUP
Press <F3> to enter Boot Menu

Jadi karena baterainya tidak berhasil dikenali oleh BIOSnya sehingga laptopnya tidak bisa dicharge. Dan ini sudah saya perhatikan saat masuk Windows (tekan F1 saat muncul pesan tadi) memang statusnya adalah Plugged in not charging. Waduh… barang titipan bukannya tambah baik kok jadi muncul masalah, takutnya ada yang rusak.

Nah… saya berhasil menemukan solusi untuk mengatasinya dan ternyata tidak begitu sulit, yaitu dengan mengupdate driver chipset laptopnya ke versi terbarunya. Contoh adalah link download driver Inspiron 14R N4010.

dell-inspiron-14r-n4010-drivers

Kalau merek laptop anda lain jelas sesuaikan dengan drivernya, tapi yang kita cari tetap sama yaitu adalah chipset.

Solusi alternatifnya hasil konsultasi dengan teman saya adalah dengan melakukan kalibrasi ulang baterainya. Jadi habiskan kapasitas baterainya sampai mati sendiri, biarkan dulu beberapa jam setelah itu charge sampai penuh. Katanya sih bisa normal kembali, saya belum mencoba cara ini karena sudah berhasil diatasi masalahnya duluan.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Memperbaiki “WARNING: The battery cannot be identified””

    • Ya… kalau mau meteran baterainya akurat sebaiknya dikalibrasi. Ga harus juga, apalagi kalau laptopnya selalu terpasang listrik.

Tulis komentar...