Memperkecil ukuran file gambar JPEG dengan JPEGmini

Gambar yang menggunakan format JPEG (Joint Photographic Experts Group) merupakan salah satu jenis gambar yang terpopuler di Internet, ekstensi yang biasa digunakan oleh file dengan tipe ini adalah JPG, JPEG, JPE atau JPEG2000. Foto – foto yang anda simpan dari kamera digital biasanya juga menggunakan JPEG sebagai formatnya, dengan resolusi dan kualitas aslinya setiap file bisa berukuran lebih dari 1MB bahkan sampai puluhan MB.

Tentu bagi anda yang suka mengkoleksi atau mengarsipkan foto ini akan memakan ruang yang banyak pada harddisk. Untuk menampung gambar JPEG sebesar dan sebanyak ini anda bisa membeli harddisk lagi atau anda mulai mengoptimalkan ukuran file JPEG ini. Yang akan dibahas kali ini adalah cara memperkecil ukuran file JPEG tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut, tentunya dengan kualitas yang tidak berkurang atau tidak dapat dibedakan dari aslinya akan sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai fotografer juga.

JPEGmini adalah aplikasi yang akan mengecilkan ukuran file JPEG secara keseluruhan menggunakan algoritma kompresi terbaru yang diciptakannya. Kemampuan kompresi dari JPEGmini bisa mencapai 80% bila optimal, semakin tinggi resolusi gambar aslinya maka akan semakin baik hasil pengurangan ukuran file JPEG-nya. Tentu dengan tidak adanya pengurangan kualitas gambar atau tidak dapat dibedakan dengan aslinya. Aplikasi ini lebih ditujukan untuk fotografer yang suka berbagi gambar di Internet, yang dengan menggunakan JPEGmini akan mempercepat proses upload dan mengurangi ukuran file JPEG. Tapi bagi pengguna yang bukan fotografer juga bisa memakainya dengan bebas.

Panduan berikut adalah untuk JPEGmini edisi Windows.

Setelah and mendownload launcher dari installer JPEGmini, launcher ini akan mendownload aplikasi lengkap dari server JPEGmini.

jpeg-mini-windows-installer-download

Setelah selesai proses unduhnya akan muncul dialog menanyakan versi JPEGmini yang ingin anda gunakan. Pilih JPEGmini free version untuk menggunakan aplikasi ini dengan gratis, atau kalau anda berminat silahkan membeli versi berbayarnya dengan mengisikan kode aktivasinya.

jpeg-mini-choose-edition

Perbedaan versi berbayar dengan gratis adalah pada versi gratis anda akan dibatasi melakukan proses pengecilan ukuran file JPEG sebanyak 20 kali sehari dan tidak ada perbedaan fitur lainnya. Untuk penggunaan sehari – hari saya rasa batasan ini sudahlah cukup, kecuali bagi anda pengolah foto profesional mungkin membutuhkan versi berbayarnya.

Tampilan utama dari JPEGmini akan terbuka dan untuk menggunakannya anda tinggal meletakkan foto yang ingin anda kecilkan atau memilih file dari tombol Choose. Ekstensi file yang diterima adalah JPG, JPE dan JPEG, tidak ada perbedaan antara kedua ekstensi tersebut hanya beda sistem penamaannya saja. Jadi anda bisa memperkecil ukuran file JPG yang anda miliki juga.

jpeg-mini-interface

Gambar yang anda pilih akan langsung dioptimasi, sesaat kemudian akan muncul dialog yang memberitahu bahwa foto asli akan ditimpa oleh JPEGmini. Jadi bila anda masih belum yakin dengan kemampuan JPEGmini atau anda ingin menyimpan file JPEG aslinya harap membuat duplikat dan membackupnya. JPEGmini tidak menghapus metadata dari file JPEG hasil kompresinya.
jpeg-mini-warning-original-photos-replaced

Berikut adalah ukuran file gambar wallpaper sebelum dikecilkan :
jpeg-mini-size-before
Hasil ukuran file JPEG setelah dikecilkan :
jpeg-mini-size-after

Sebelumnya mohon maaf saya tidak bisa memberikan file yang diujicoba karena ukurannya lumayan besar (resolusi 2560×1600 dan dengan ukuran 1,15MB), tapi dapat anda intip di screenshot aplikasi dibawah. Memang lebih baik anda coba sendiri secara langsung untuk membuktikan omongan saya.

JPEGmini akan menampilkan sebanyak berapa kapasitas yang anda kurangi pada tampilan utamanya.
jpeg-mini-after-optimizing

Bila anda sudah kehabisan jatah optimasi perhari, anda bisa menggunakan layanan JPEGmini secara online.
jpeg-mini-web-service

Bagaimana? Mudah bukan melakukan pengecilan ukuran file JPEG? Oh ya, juga tersedia JPEGmini edisi Mac jadi bagi anda pengguna setia produk Apple juga bisa menggunakannya.

Tulis komentar...