Memperkecil ukuran PDF secara online dengan SmallPDF

Ukuran PDF (Portable Document Format) kadang bisa membengkak apabila isinya banyak gambar yang tidak dikompres, ini mempersulit anda melampirkan di email karena lamanya proses upload. Anda juga tidak sempat mencoba – coba program memperkecil file PDF, kalau anda membutuhkan solusi yang cepat sebaiknya anda memperkecil PDF secara online.

Disini letak kelebihan layanan online memperkecil PDF gratis dari SmallPDF. Tampilannya yang bersih dan sederhana akan memudahkan pengunjung menggunakannya. Apa yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan layanan kompresi PDF online ini?

Cukup tarik file PDF ke halaman tersebut atau klik Choose File untuk memilih file PDF yang ingin dikecilkan.
smallpdf-compress-pdf-online

Silahkan tunggu proses upload file PDF tersebut, lamanya akan tergantung besar PDF dan kecepatan koneksi internet anda. Kemudian akan langsung dilanjutkan dengan proses kompresi PDF.

smallpdf-uploading-pdf

Akan muncul informasi ukuran file PDF sebelumnya dan berapa besar ukuran file setelah dikompres oleh SmallPDF. Link download akan terletak dibawah kotak informasi ini. Sebagai catatan saja, berapa rasio kompresi yang didapat tergantung isi dari dokumen PDF tersebut – kalau file PDF tersebut sudah dioptimalkan baik secara teks dan gambar, maka tidak banyak yang bisa dilakukan.

smallpdf-pdf-compressed-download

Dari hasil beberapa kali percobaan memang hasil kompresi yang dicapai relatif baik dan semuanya dilakukan dengan cepat, apalagi semua ini disediakan secara gratis. Kalau anda lebih menyukai mengecilkan PDF secara offline anda bisa menggunakan PDF Reducer.

Tulis komentar...