Memutar semua jenis file video dengan SPlayer

Banyaknya format file video yang membutuhkan codec – codec berbeda untuk memainkannya bisa membuat sistem operasi anda penuh dengan aplikasi pemutar video spesifik untuk setiap jenisnya. Ini selain tidak efisien juga membuat penuh daftar aplikasi yang diinstall dan bisa membuat komputer anda lambat.

Akan lebih baik bila anda menggunakan satu buah video player yang mampu memainkan seluruh jenis file video yang ada apapun itu. Maka dari itu saya perkenalkan salah satu video player favorit saya yaitu SPlayer.

splayer

Kenapa SPlayer? Selain aplikasi ini bersifat open source sehingga gratis untuk mendapatkannya, fitur yang diberikan juga sangat banyak. Saya bisa menggunakannya untuk memainkan seluruh jenis format video dengannya, dan sampai sekarang belum pernah mengecewakan. SPlayer mendukung semua format media populer termasuk MKV, RMVB, QuickTime, MPEG-2, MPEG-4, AC3/DTS, VP3/6/7, Indeo, XVD, OGG/OGM, APE, FLAC, TTA, AAC, MPC, 3GP/AMR, AVI, WMV, dan masih banyak lagi. Splayer juga bisa menggunakan berbagai jenis format subtitle populer seperti SRT, ASS, SUB dan sebagainya.

Mengatur performa dan kualitas video

Sedikit pengalaman pribadi saya saat menggunakan SPlayer yang memberi anda perkiraan betapa ringannya aplikasi ini saat memutar video. Komputer saya dulu bermasalah dengan VGAnya sehingga tidak ada driver yang bisa diinstall, karena belum memiliki dana untuk menggantinya saya memaksakan diri untuk bertahan. Kalau anda pikir saya tidak bisa menonton video, maka anda salah. Saya bisa menonton video di SPlayer relatif lancar dengan cara mematikan dukungan GPU Acceleration dan memilih Performance Mode untuk melihat video.

splayer-display-options

GPU Acceleration digunakan untuk memainkan video dibantu dengan VGA anda, dan Performance Mode memilih kelancaran memutar video dibanding kualitasnya, bila ingin kualitas gambar lebih baik anda sebaiknya menghidupkan GPU Acceleration dan mengaktifkan Quality Mode.

Mencari subtitle otomatis

Dari beberapa kemampuan yang saya sebutkan diatas, masih ada satu fitur lagi yang membuatnya unggul dibanding video player lainnya. Yaitu SPlayer mampu secara otomatis mencari subtitle video, drama, dan film yang sedang ditonton. Tentunya semakin populer video yang anda putar semakin besar kemungkinan subtitlenya tersedia.
splayer-subtitles-options

Secara default opsi mencari dan menggunakan subtitle ini adalah aktif sehingga anda tidak perlu melakukan apapun untuk memanfaatkan fitur ini. Sekarang dari mana SPlayer tahu subtitle mana yang cocok untuk video anda? Asalnya adalah dari video yang sedang diputar akan diupload informasinya dan dikumpulkan, baik nama file, identitas video, codec dan sebagainya. Subtitlenya sendiri berasal dari website penyedia subtitle dan dari pengguna SPlayer. Ya, anda bisa membantu pengguna lain dengan mengupload subtitle dari video yang diputar sekarang. Anggap saja saling membantu kalau kebetulan anda memiliki subtitle video yang cocok.

Masalah bahasa di SPlayer

Kadang SPlayer akan terinstall dalam bahasa asli si pembuatnya yaitu Cina, anda bisa menginstall ulang software video player ini biasanya akan kembali menggunakan bahasa Inggris setelahnya. Atau anda bisa mengubah bahasa yang digunakan menggunakan menu yang disediakan.

splayer-gui-language-options

Klik kanan pada SPlayer dan ikuti gambar diatas, walaupun bahasa yang digunakan adalah Cina – posisi dan fungsi menu adalah sama. Silahkan ubah ke English, kemudian tutup dan buka kembali SPlayernya.

SPlayer juga tersedia dalam versi portable bila anda tidak ingin menginstallnya, cukup extract isinya dan jalankan aplikasi SPlayer untuk menggunakannya.

Kesimpulannya anda cukup menggunakan satu video player ini untuk memainkan segala jenis format video yang ada. Fitur – fitur yang disediakan sangatlah lengkap dan kemampuan otomatis mencari subtitle akan sangat membantu. Anda cukup duduk diam manis (setelah memainkan video tersebut tentunya) dan SPlayer akan memanjakan anda.

 

Tulis komentar...